Mau Balap? VW Beetle RSI Ini Jadi Opsi Menarik Loh

Mau Balap? VW Beetle RSI Ini Jadi Opsi Menarik Loh Foto: racecarsdirect.com

KabarOto.com - Sejak awal diluncurkan, VW Beetle RSI sudah mengusung gaya balap. Namun seolah belum cukup, sebuah VW Beetle RSI di Inggris dibuat menjadi mobil balap sepenuhnya. Uniknya lagi, mobil ini merupakan edisi khusus. Dilansir dari racecarsdirect.com, mobil ini dibangun oleh Volkswagen untuk German Cup Series di tahun 1999. Mobil edisi khusus ini adalah nomor 18 dari 67.

Eksterior mobil berkelir abu-abu ini, rata-rata masih menggunakan parts bawaannya, seperti bumper. Namun sudah ada beberapa penyesuaian, misal di bagian bawah terdapat saluran udara untuk supercharger. Kap juga sudah menggunakan fiberglass. Selain itu, semuanya adalah parts orisinalnya termasuk lampu depan.

Baca juga: Profil - Volkswagen Tiguan Allspace

Lihat ke samping dari mobil ini, sebagian besar masih menggunakan parts orisinalnya. Namun untuk side skirt pakai versi aftermarket. Sementara pelek masih menggunakan pelek orisinal VW Beetle RSI. Namun pelek berukuran 18 inci ini sudah dicat ulang warna putih.

Namanya mobil balap, masuk ke interior langsung terasa kosong. Yang tersisa hanya sebagian dari dasbor dan instrument cluster. Sisanya sudah menggunakan komponen untuk balapan. Seperti jok bucket dari Corbeau, lengkap dengan harness 6 titik dari Luke. Setir juga pakai Sabelt. Demi keselamatan dan standarisasi balap, juga disematkan roll bar.

Nah yang istimewa adalah sumber tenaganya. Masih pakai bawaan Bettle RSI, yakni mesin berkonfigurasi V6, namun kini ditambah supercharger Rotrex C30. Dilansir dari Carbuzz, mesin bawaannya dapat menghasilkan tenaga 221 dk dan torsi 320 Nm. Namun dengan penambahan supercharger Rotrex, tenaganya dipompa hingga hampir 100 dk, jadi 320 dk.

Selain itu mobil ini juga sudah menggunakan knalpot Bespoke 3 inci stainless race exhaust dan manifold buatan Advanced Automotive Systems. Dengan manajemen mesin dikontrol oleh Storm Developments, Emerald Race ECU. Perintilan lainnya paling filter udara K&N dan parts-parts balap lainnya.

Baca juga: Hanya 2 Unit Di Indonesia, Volkswagen Golf MKVII R Ini Dioprek Jadi Makin Kencang

Mobil balap ini ternyata juga dijual di website jual beli mobil balap racecarsdirect.com. Posisinya, VW Beetle RSI saat ini berlokasi di Inggris. Harga yang diminta juga sangat masuk akal, hanya 12.950 GBP, atau jika dikonversikan sekitar Rp 225 juta.

Namun ada juga satu hal yang harus diketahui calon pembeli, yaitu mobil ini tidak sah menurut hukum. Jadi jangan coba mendaftarkannya untuk penggunaan di jalan raya. Bagaimana, tertarik untuk memiliki mobil balap dari Volkswagen ini? (Gregorius Nikolaus.P)