Volkswagen Kombi Type 20 Concept, Klasik Tapi Canggih

Volkswagen Kombi Type 20 Concept, Klasik tapi Canggih Foto: Volkswagen

KabarOto.com - Pabrikan asal Jerman, Volkswagen menghadirkan kembali salah satu mobil legendarisnya, yakni VW Kombi. Namun bukan sembarang VW Kombi, yang satu ini akan jauh lebih canggih. Basis yang digunakan adalah VW Kombi Type 2 tahun 1962.

VW menyebut proyek ini sebagai Type 20 Concept. Mobil ini dibangun di Amerika, tepatnya di Innovation and Engineering Center California atau IECC. IECC sendiri adalah fasilitas penelitian kendaraan terbesar Volkswagen di luar Jerman.

VW Kombi bermesin listrik ini dibangun dengan sangat rapi dan bernilai seni tinggi. Namun secara garis besar masih terlihat bentuk orisinal dari VW Kombi ini.

Baca juga: Luar Biasa, VW Combi Ini Dibuat Dari Lego!

Bodi berkelir putih, dipadu warna silver gelap dan oranye. Lampu utama model bulat berwarna biru muda jika menyala, dan di atasnya ada lampu sein. Penggunaan lampu biru muda menambah kesan modern, seperti emblem mobil hybrid umumnya.

Juga terdapat bumper berwarna silver gelap dengan gaya klasik di bagian depan. Untuk kaca depan Type 20 Concept, sepertinya Volkswagen mengambil bentuk VW Dakota, dengan bagian kiri dan kanan terpisah.

Bagian samping dari mobil ini yang terlihat berseni dan menarik. Spion berbentuk asbtrak mirip dengan akar pohon, dan aksen krom dari kaca spion terlihat sangat cocok pada minibus ini.

Baca juga: Mengenal Varian Volkswagen Paling Sukses, VW Golf

Lihat ke pelek, Type 20 Concept menggunakan pelek berwarna oranye, dibalut ban Yokohama ukuran 195/45R17. Motif dari pelek ini juga menyerupai ranting dengan logo Volkswagen di tengahnya. Di balik pelek berbentuk aneh ini, juga terlihat penggunaan rem cakram.

Teknologi-teknologi canggih juga sudah ditambahkan ke dalam minibus ini. Dilansir dari motortrend.com, Type 20 Concept memiliki akses kendaraan biometrik, memanfaatkan sistem pengenalan wajah dengan dengan asisten digital kendaraan dan kamera sudut lebar 720p, yang terletak di jendela kedua sisi pengemudi.

Asisten digital ini juga bisa digunakan ketika berada di luar mobil. Logo VW di depan akan merespon apa yang Anda katakan kepada mobil ini.

Masuk ke bagian dalam, pengerjaan minibus ini sangat canggih dan presisi. Bagian kemudi menggunakan setir yang di-custom senada pelek dan spion. Bentuknya abstrak, tetap bergaya seperti setir kuno yang diameternya besar.

Namun tak ada lagi spidometer, berganti layar berukuran tablet phone yang dinamakan Looking Glass II. Meskipun menggunakan teknologi-teknologi canggih, tampak beberapa bentuk asli dari minibus ini masih dipertahankan. Terlihat tuas perseneling dan rem tangan, yang masih mirip orisinalnya.

Jok depan dibuat ulang dengan rapi dan terlihat nyaman. Menggunakan kain pelapis abu-abu yang dipadukan warna hitam dengan aksen oranye. Senada door trim, yang juga menggunakan warna hitam dan oranye.

Kabin belakang juga telihat sangat menarik. Kursi belakang bermotif sama jok depan. Bedanya, kaki-kaki kursi terlihat dibuat mirip motif pelek dan berkelir oranye.

Baca juga: Profil – Volkswagen Tiguan 1.4 TSI

Urusan mesin, VW Kombi ini menggunakan motor listrik dengan baterai berkekuatan 10 kWh, untuk menggerakkan motor listrik yang mempunyai tenaga setara 120 dk dan torsi 235 Nm. Pelengkapnya, tentu ada charger berdaya 2.500 Watt.

Ruang mesin minimalis berkat sebuah motor listrik berkekuatan 120 dk

Menariknya, walaupun tenaganya tidak terlalu besar, namun dengan torsi nyaris dua kali lipat, tentu akan tetap mengasyikkan berada di Type 20 concept yang supercanggih ini. (Nikolaus)