POPULAR STORIES

Galeri Foto VW Kodok Buatan Tahun 1972

Galeri Foto VW Kodok Buatan Tahun 1972 Volkswagen Beetle 1200 1972 Ini Penuh dengan Sejarah Pejuang Indonesia

KabarOto.com - Volkswagen Beetle salah satu mobil yang dikenal punya banyak sejarah. Salah satunya VW Kodok 1.200 lansiran 1972 ini, pemiliknya terdahulu merupakan pejuang kemerdekaan Indonesia bernama Soetikno. Mobil iini masih tampil orisiinil mempertahankan bentuk asli. Saat menemukan, kondisinya sangat kusam tidak terawat.

Pemilik terdahulu pernah tergabung dalam Tentara Republik Indonesia Pelajar atau dikenal dengan sebutan Mas-Trip bagian Jawa Timur. "Sejarahnya, beliau mendapatkan VW Kodok ini sewaktu bekerja di Perum Pegadaian. Kala itu, mobil ini merupakan inventaris dari tempat Ia bekerja," ujar Dosen salah satu Universitas Swasta di kawasan BSD, Kabupaten Tangerang itu.

Baca Juga: ACS Custom Garage, Dari Hobi Tangkap Kodok Jadi Builder Motor Chopper Radikal

Saat menemukan, VW Kodok ini dalam keadaan mengenaskan, terbengkalai bertahun-tahun hingga tak terawat lagi. "Rasa ingin menyelamatkan pun timbul setelah saudara memberi informasi keberadaan mobil ini kepada saya. Tanpa pikir panjang, langsung mencari tahu sang pemiliknya," kenang pria yang tinggal di kawasan Bekasi, Jawa Barat itu.

Hingga saat peliputan, rupanya mobil ini belum mendapatkan 'sentuhan' restorasi pada bagian bodi, mesin maupun kaki-kaki. "Jelang acara besar VW, semua mekanik dan pemilik bengkel spesialis sedang sibuk-sibuknya. Saya pun hanya menyempatkan diri untuk mengganti pelumas dan servis sekaligus melakukan penggantian part minor saja untuk sementara," jelasnya.

Baca Juga: Fakta Menarik, Vespa World Days (VWD) Indonesia Sukses Pecahkan 3 Rekor

Meski demikian, Ia mengatakan, semua komponen dan fitur bawaan mobil klasik asal Jerman tersebut masih berfungsi dengan baik.

"Contohnya lampu baca, wiper, spidometer dan lainnya masih berfungsi layaknya mobil pada umumnya, memang kondisi catnya kurang layak, dan sudah bukan orisinal lagi," tambah dia.

Oleh karena itu, rencana ke depan akan melakukan repaint sekaligus untuk mengembalikan kondisi mobil ini, agar lebih segar, walau sebenarnya agak sayang karena saya lebih mempertahankan sejarahnya," bebernya.

"Dari pihak keluarga pun berpesan, untuk selalu merawat mobil ini sebagaimana mestinya. Saya pun mendapatkan barang dan bukti-bukti dokumentasi sejarah dari VW ini sewaktu beliau mengabdi di Mas-Trip," tutupnya.