POPULAR STORIES

Mengenal Varian Volkswagen Paling Sukses, VW Golf

Mengenal Varian Volkswagen Paling Sukses, VW Golf MK7R, generasi paling bertenaga VW Golf (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Volkswagen Golf atau biasa disingkat dengan VW Golf adalah mobil berjenis compact family car yang telah diproduksi pabrik asal Jerman selama 41 tahun lamanya. Varian ini mencapai puncak kejayaan pada 2012 di mana lebih dari 29 juta unit mobil tersebut berhasil terjual di seluruh dunia.

VW Golf terus berevolusi dari tahun ke tahun dari hal mesin dan kontur bodi. Contohnya pada Volkswagen Golf MK1 atau yang biasa dijuluki ‘Rabbit’ yang pertama diproduksi tahun 1974 , dimana mobil tersebut sengaja didesain oleh desainer Italia bernama Giorgetto Giugiaro untuk menggantikan posisi Volkswagen Bettle yang telah pensiun.

Baca Juga: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI 2013 – Memang Sudah Jodohnya

Ciri Volkswagen generasi tersebut adalah bentuknya yang ‘mengotak’ dan memiliki sumbu roda paling pendek, serta kabin dan eksterior yang lebih sempit dari generasi Volkswagen Golf lainnya.

Seiring perjalanan keluarga Golf, Volkswagen sempat membuat gebrakan di varian MK4 dengan hadirnya Golf R32 di tahun 2002. Varian ini sering disebut sebagai produksi Volkswagen paling ekstrim karena performa mesinnya yang tinggi dengan kapasitas 3.200cc 6 silinder yang dapat memuntahkan tenaga 237 dk di keempat rodanya dengan teknologi 4Motion all-wheel drive.

Lalu Volkswagen Golf Mk5, adalah mobil berjenis hatchback yang diluncurkan oleh Volkswagen pada ajang Frankfurt Motor Show, Oktober 2003 dan mulai dijual di pasar Eropa sebulan kemudian.

Golf Mk5 memakai platform A5 Grup Volkswagen. Mobil ini mulai dijual di pasar Amerika Utara bulan Juni 2006 dengan nama Volkswagen Rabbit. Kemudian Golf Mk5 digantikan oleh Mk6 pada tahun 2009.

Foto: Faringga Eka Putra/ Kabaroto

Namun, generasi paling terakhir dari Volkswagen Golf yakni MK7 diklaim pihak Volkswagen lebih meliputi aspek keseluruhan pada performa mesin dan bodi. Sebut saja kombinasi kontur futuristik serta sasis yang bahkan lebih ringan 100 kg dari varian MK6, dan mesin 4 silinder berkapasitas 2.000cc-nya yang dapat memproduksi tenaga sebesar 217 dk.