POPULAR STORIES

Profil - Volkswagen Tiguan Allspace

Profil - Volkswagen Tiguan Allspace Volkswagen Tiguan Allspace (Deni/KO)

KabarOto.com - Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen pemegang merek (APM) Volkswagen (VW) di Indonesia memperkenalkan varian terbaru SUV kompak andalan mereka, Volkswagen Tiguan Allspace. Generasi kedua Volkswagen Tiguan ini menawarkan dimensi yang lebih besar pada sisi eksterior, serta menawarkan keleluasaan kabin yang kini mampu mengakomodir tujuh penumpang.

“Sesuai dengan nama yang diusungnya, apapun rencana perjalanan yang Anda rencanakan, baik itu liburan keluarga, perjalanan di dalam kota maupun petualangan ke pelosok pedesaan, Tiguan Allspace dapat menyediakan ruang kabin yang Anda perlukan,” ujar Jonas Chendana, Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor.

Lalu seperti apa VW Tiguan Allspace yang kini resmi dipasarkan di Indonesia dengan banderol Rp 598 on the road Jakarta? Berikut KabarOto akan mengulasnya secara lengkap.

Baca juga: Bocoran Facelift Volkswagen Polo Nih

VW Tiguan Allspace

Eksterior

VW Tiguan Allspace dibangun dari platform MQB (modular transverse matrix) yang diklaim mampu meningkatkan semua keunggulan Tiguan. Proporsi Tiguan bari ini tampil lebih sporty. Bobotnya terpangkas sekitar 50 kg dibandingkan model sebelumnya, namun dengan dimensi yang kini lebih besar, jarak sumbu roda bertambah 77 mm, hal itu mempengaruhi ruang kabin yang kini lebih besar.

Secara tampilan, VW Tiguan Allspace memiliki tampilan yang elegan, berkat hadirnya lampu LED daytime running lights (DRL), dynamic cornering lights dan gril yang mendapatkan garis chrome yang terintegrasi. Penggunaan DRL dengan teknologi LED menghasilkan visibilitas yang lebih besar, serta serasi dengan lampu depan berteknologi LED baru yang menjadikan tampilan Tiguan Allspace semakin sporty.

Sementara Dynamic Cornering Lights akan membantu pengemudi untuk mendapatkan hingga 90% pencahayaan yang lebih baik berkat sudut sorot lampu yang dapat berputar mengikuti arah kemudi.

Di bagian belakang desain lampu yang inovatif dan modern berkat teknologi LED membuat Tiguan Allspace semakin unik dan menarik. Desain eksterior Tiguan Allspace juga semakin tampak sporty berkat penggunaan pelek berukuran 18" Nizza Alloy Wheels.

VW Tiguan Allspace

Interior

Masuk ke dalam kabin, VW Tiguan Allspace menyuguhkan desain dasbor yang driver oriented, sehingga secara ergonomis menghadap ke arah pengemudi yang menjadikan pengemudi dapat secara intuitif mengoperasikan berbagai fungsi di dasbor di dalam kabin. Konsol bagian tengah kini tampil lebih lebar dengan berbagai aksen yang memberi sentuhan lebih premium. Penggunaan ambient lights di dalam kabin juga menyuguhkan suasana kabin yang dapat disesuaikan dengan mood pengendara.

Volkswagen Active Info Display menampilkan layar informasi multifungsi yang memiliki desain modern. Dengan layar sebesar 12,3 inci, ditampilkan berbagai profil informasi yang memungkinkan pengemudi melakukan kustomisasi profil yang disukai dan memilih data spesifik yang ingin ditampilkan di panel instrumen selain speedometer dan odometer.

Di bagian tengah konsol terdapat layar sentuh berwarna 8 inci yang telah dilengkapi dengan fitur mirror link. Untuk menunjang kenyamanan ketika berada di dalam kabin, mobil ini dilengkapi 3 Zone Climatronic AC, di mana kontrol intensitas udara dan otomatisasi resirkulasi udara memastikan suhu yang dapat diatur sesuai kebutuhan individu pengemudi, penumpang depan dan penumpang di kursi belakang.

Bangku baris kedua dan bangku baris ketiga menawarkan fleksibilitas pelipatan bangku yang membuat ruang kabin Tiguan Allspace begitu dinamis. Kapasitas bagasinya dalam kondisi seluruh bangku ditegakkan mencapai 230 liter, sementara saat bangku baris ketiga dilipat, kapasitasnya mencapai 700 liter, dan saat kedua baris bangku belakang terlipat, kapasitas terdongkrak menjadi 1.775 liter.

VW Tiguan Allspace

Mesin

VW Tiguan Allspace dipersenjatai mesin 1.4 TSI yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 dk dan torsi 250 Nm. Mesin itu disalurkan melalui transmisi otomatis 6-percepatan kopling ganda (DSG) plus triptonic. Mobil ini mampu berakselerasi dai 0–100 kpj dalam waktu 9,5 detik, dan kecepatan puncak hingga 202 km/jam.

Pengendaraan Tiguan Allspace didukung fitur Adaptive Chassis Control (DCC) yang memberikan pilihan mode pengendaraan sesuai dengan kebutuhan pengemudi, dan menjadikan sistem peredaman suspensinya beradaptasi secara elektronik sesuai dengan pilihan pengendara.

Pilihan profil mengemudi juga memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan Tiguan Allspace dengan kondisi cuaca dan jalan yang akan dihadapi. Cukup memilih lima mode berkendara yaitu: normal, comfortable, sporty, individual, dan eco style. Fitur Cruise control juga disematkan untuk membuat perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman karena pengemudi dapat menjaga kecepatan kendaraan secara konstan.

Fitur unggulan lain yang ditawarkan Tiguan Allspace adalah Park Assist yang merupakan asisten pemilik mobil dalam memarkirkan mobilnya secara parallel dengan otomatis, bahkan di ruang sempit sekalipun. Dan untuk menunjang kepraktisan, fitur 'Easy Open' disematkan agar membuka pintu bagasi belakang lebih mudah, hanya dengan menggerakkan kaki di bawah bumper belakang.

Baca juga: Profil - Audi Q8

VW Tiguan Allspace

Fitur

Lahir sebagai mobil Eropa, tentunya fitur yang ditawarkan sangatlah mumpuni, mulai dari kamera 360 derajat Area View, Park Assist System, Tire Pressure Monitoring, Electronic Stability Control (ESC), Automatic Post Collision Brake System, Electronic Parking Brake dengan Autohold, enam buah Airbags dan ISOFIX untuk penggunaan tempat duduk anak yang aman di Tiguan Allspace. Mobil ini juga telah dilengkapi cruise control.

Berikut spesifikasi lengkapnya:

Mesin 1.4 liter TSI, 4-cylinder inline with turbocharged direct injection
Tenaga 150 dk @ 5.000-6.000 rpm
Torsi 250 Nm @ 1.500-3.500 rpm
Bore x Stroke 74.5 mm x 80.0 mm
Transmission 6-speed Direct Shift Gearbox (DSG) with hydraulically operated double clutch and triptonic
Top Speed 202 kpj
Dimensi (P x L x T) 4,486 mm x 1,839 mm x 1,632 mm
Wheelbase 2,681 mm
Ukuran Ban 235/55 R18
Akselerasi 0-100 km/h : 9,2 detik

POPULAR STORIES

HOT