POPULAR STORIES

Eksplorasi All New Toyota Avanza Dan All New Veloz Di Pulau Bali, Ini Rasanya!

Eksplorasi All New Toyota Avanza dan All New Veloz di Pulau Bali, Ini Rasanya!

KabarOto.com – Tak lama berselang sejak ‘kehebohan’ terjadi di November lalu karena kehadiran resmi All New Toyota Avanza (ANA) dan All New Veloz (ANV), PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengajak Jurnalis untuk merasakan langsung bagaimana transformasi total dari kedua MPV tersebut.

Secara garis besar, pengembangan ANA dan ANV ini adalah benar-benar baru, dan yang pada proses perencanaan dan perancangannya sudah dibedakan dari awal. Hal terebut untuk memenuhi 2 profil konsumen dan kebutuhan mobilitas yang berbeda.

Dalam perjalanan selama 3 hari (7 – 9 Desember) di pulau Dewata, KabarOto diberikan kesempatan untuk mencoba ANA dan ANV, untuk dapat merasakan perbedaan yang (sekarang) sangat terasa dari kedua produk tersebut, jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Baik secara platform maupun secara fitur.

Baca juga: Biaya Kepemilikan Toyota Raize Hingga 100.000 KM, Murah!

Platform barunya bisa dikatakan punya andil besar dalam membuat dan menghasilkan sensasi mengemudi yang berbeda. Posisi mengemudinya pun tak lagi terasa ‘tinggi’ khas MPV bersasis unibody.

Setelah mendarat di Bali, kami mendapat ‘jatah’ untuk mengeksplorasi pulau Dewata menggunakan ANA. Perjalanan keluar kota yang melewati jalan dengan rute menanjak, sempit, dan berliku, bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan platform baru FF (Front Engine Front Wheel-Drive) dalam menghadapi kondisi jalan yang beragam, khususnya jalan menanjak yang menjadi ciri khas jalanan dan tempat wisata di belahan Bali Selatan.

Baca juga: Review Mobil Bekas: Toyota Kijang Innova 2.0V AT 2017

Berbeda dengan hari pertama, di hari kedua kami melintasi jalan yang menanjak dan berkelok menuju check point yang sudah ditentukan. Buat kami, kondisi jalan menanjak, berkelok-kelok merupakan ajang yang tepat untuk menguji ANA dan ANV.

Bermodalkan platform baru, membuat bobot ANA dan ANV menjadi lebih ringan, meskipun dimensinya bertambah besar. Memang tidak ada pengembangan yang signifikan pada mesin, tapi kombinasi antara penggunaan CVT dan penggerak roda depan, membuat akselerasi terasa lebih ringan, dengan aspek pengendaraan yang lebih baik. (Risson)