Review Mobil Bekas: Toyota Kijang Innova 2.0V AT 2017

Review Mobil Bekas: Toyota Kijang Innova 2.0V AT 2017 Foto: Boy

KabarOto.com - Mobil bekas kini menjadi salah satu alternatif bagi konsumen yang ingin memiliki mobil, dipilih rata-rata kendaraan dengan kondisi baik dan tahun yang tidak terlalu tua. Akan lebih baik jika unit barunya masih dijual, seperti halnya Toyota Kijang Innova lansiran 2017.

KabarOto mencoba untuk mengulas Toyota Kijang Innova 2.0V 2017 dengan transmisi otomatis. Ini merupakan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV), sanggup mengangkut penumpang dewasa hingga 7 orang. Toyota Kijang semenjak kehadirannya memang dirancang sebagai kendaraan angkut, namun semenjak era kehadiran Kijang Super pada tahun 1986 fungsinya kini menjadi kendaraan keluarga.

Toyota Kijang Innova lansiran 2017 marupakan generasi kedua yang diluncurkan pada tanggal 23 November 2015 di Jakarta, Indonesia. Toyota Kijang Innova generasi kedua merupakan kendaraan yang sama sekali baru dengan mengusung platform baru dengan beberapa jenis mesin dan di Indonesia mendapatkan sebutan tambahan "reborn".

Platform baru yang dimaksud adalah IMV yang merupakan singkatan dari Innovative International Multi-purpose Vehicle, kendaraan Toyota lainnya yang menggunakan platform sama adalah Toyota Hilux dan Fortuner. Innova ini sudah dijual di negara lain seperti Vietnam, Brunai, Singapura, Malaysia, India, Filipina, Thailand, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Baca juga: Review Mobil Bekas : Toyota Sienta V 2016

Kabin Lega dan Modern

Saat ini, kendaraan MPV dengan dimensi besar tersebut menjadi pilihan tepat bagi keluarga di Indonesia. Memiliki panjang 4.735 mm, tinggi 1.795 mm dan lebar 1.830 mm, sementara panjang sumbu rodanya (wheelbase) adalah 2.750 mm. Kelegaan kabin menjadi jawaban atas dipilihnya kendaraan ini, kursi baris ketiga yang dapat dilipat untuk menambah kapasitas ruang angkut barang bawaan.

"Ruang kabinnya lega, paling enak bawa mobil ini bisa bawa penumpang hingga 7 orang. Plus bawa 2 koper di ruang bagasi ketika bepergian keluar kota," ujar Boy yang sudah memiliki Toyota Kijang Innova dari baru yakni 2017.

Kabin di dominasi warna terang dari jok yang dibungkus bahan fabric berwarna cokelat terang, busa jok baris kedua dan pertama juga tebal untuk memberikan kenyamanan saat penumpang atau pengemudi mendudukinya.

Dasbor berdesain melengkung, dengan spidometer model digital digabungkan dengan jarum penunjuk kecepatan dan putaran mesin. Bagian tengahnya terdapat MID yang memberikan informasi konsumsi bahan bakar, trip meter, odometer hingga informasi kondisi pintu mobil khususnya saat terbuka.

AC mobil ini dilengkapi dengan konsol kontrol model digital, namun untuk menyalakan dan mematikan harus menekan tombol. Sementara untuk mengatur suhu udaranya dan kecepatan fan-nya, menggunakan model putar. AC sudah mengadopsi model Auto, dan untuk penumpang baris kedua atau belakang sudah tersedia blower AC tambahan yang terpasang di plafon. Khusus AC auto digital tadi hanya tersedia pada varian V dan Venturer saja.

Nah, biaya servis AC mobil ini jika rusak bisa mencapai Rp 2 juta sudah termasuk AC bagian depan, belakang dan refrigerant (umumnya orang menyebut freon). Sementara jika hanya ingin menambah refrigerant berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 400 ribu. Namun jika hanya servis rutin tiap 50.000 km sekitar Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta.

Ruang penyimpanan juga tersebar di kabin, terdiri dari 12 glove box, meja lipat terpasang di belakang jok pengemudi dan penumpang depan (hanya tersedia di varian V dan Venturer), USB charging, box di konsol tengah, laci depan, head unit dengan kemampuan multimedia, steering audio control, steering switch control dan panel dengan aksen kayu pada bagian dasbor.