POPULAR STORIES

Ekspor Sepeda Motor Suzuki Melonjak, GSX Series Paling Diminati

Ekspor Sepeda Motor Suzuki Melonjak, GSX Series Paling Diminati

KabarOto.com - Tak hanya tumbuh di Indonesia, Penjualan motor Suzuki juga terus meningkat ke luar negeri. Sepanjang tahun 2018, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah melakukan ekpor ke 41 negara, dengan jumlah 52.634 unit sepeda motor dalam bentuk CBU. Jumlah ini naik dibandingkan tahun 2017 yang hanya mencapai 25.586 unit. Sementara dalam bentuk CKD, Suzuki telah mengapalkan 130.800 unit, naik pesat dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 87.600 unit.

Baca Juga: Penjualan Motor Suzuki Tahun 2017 Naik 27%

Kontribusi terbesar disumbang oleh GSX Series, dengan jumlah 20.548 unit. Hasil ini melonjak tajam 55,2% dibanding tahun 2017. Di model lain, Address turut menyumbang 16.386 unit, dan NEX II yang baru diperkenalkan pada April 2018 lalu pun telah berkontribusi positif dalam ekspor dengan jumlah 10.413 unit sepanjang 2018.

Jajaran Produk Suzuki

Untuk layanan purnajual, Suzuki mencatatkan pertumbuhan yang positif. Jumlah unit intake servis sepeda motor sepanjang 2018 sebanyak 671.192 unit. Hasil ini dicapai melalui beberapa kegiatan seperti peningkatan kualitas layanan dan kenyamanan konsumen di bengkel resmi Suzuki melalui pengawasan 5S (Seiri, Seiso, Seiton, Shiketsu dan Shetsuke) dan Standard Operating Procedure, serta peningkatan mutu mekanik melalui kontes mekanik level nasional dan internasional.

Sementara itu, penjualan domestik suku cadang roda dua selama 2018 baik penjualan Suzuki Genuine Part (SGP), Suzuki Genuine Oil (SGO) dan Suzuki Genuine Accessories (SGA) mencapai jumlah pendapatan sebesar Rp 570 miliar, dengan penjualan SGP sebesar Rp 381 miliar, Rp 20 miliar untuk SGA, dan Rp 168 miliar untuk SGO. Dari sisi ekspor, kenaikan ekspor sepeda motor memberikan dampak langsung terhadap ekspor suku cadang yang juga meraih hasil positif.

Manajemen PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)

Baca Juga: Penjualan Motor Terus Naik, Suzuki Optimis Hadapi Persaingan Tahun Ini

Secara keseluruhan, pendapatan ekspor suku cadang (Suzuki Genuine Parts, Suzuki Genuine Oil, dan Suzuki Genuine Accessories) berhasil tumbuh hingga 12,3% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Untuk mengoptimalkan layanan dan keterjangkauan konsumen, selama 2018 Suzuki telah melakukan acara service campaign di berbagai daerah dan melakukan kunjungan servis ke pabrik-pabrik atau perkantoran yang memiliki banyak unit sepeda motor Suzuki.

Baca Juga: Penjualan Motor Suzuki Meningkat Dibandingkan Tahun Lalu

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk layanan purnajual, Suzuki pun memberikan berbagai insentif bagi teknisi di diler-diler, pelatihan servis untuk manager, dan melakukan sosialisasi layanan Halo Suzuki di setiap diler.

Suzuki juga belum lama ini meluncurkan aplikasi mobile My Suzuki di ajang Indonesia Motorcycle Show 2018. Aplikasi ini memudahkan pelanggan membeli berbagai suku cadang, oli, dan aksesori resmi sepeda motor tanpa harus pergi ke bengkel.