Ekspor Suzuki Meningkat 34 Persen, Dikirim Ke 52 Negara Di Dunia

Ekspor Suzuki Meningkat 34 Persen, Dikirim ke 52 Negara di Dunia Ekspor Suzuki

KabarOto.com - PT Suzuki Indomobil Motor (SIS) menyatakan ada kenaikkan ekspor sebesar 34% pada Januari sampai Oktober 2021. Ekspor yang dilakukan dalam bentuk terurai Completely Knock Down (CKD) dan juga Completely Built Up (CBU) utuh.

Untuk kategori CBU, Suzuki XL7 mencatatkan angka 39%, sementara CKD Suzuki Karimun Wagon R tertinggi, dengan kontribusi 95%. Sebanyak 49 negara yang tersebar di Asia, Timur Tengah Amerika Selatan, Oseania dan Afrika menjadi negara tujuannya.

Baca juga: Andalkan Filosofi Ini, Suzuki Kembangkan Kendaraan Mild Hybrid Untuk Pasar Global

Production Planning Control Assistant to Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Apriyanto mengatakan, meningkatnya ekspor ini memperlihatkan, pasar otomotif dunia dunia sudah mulai pulih, pasca pandemik Covid-19.

Negara-negara tujuan ekspor Suzuki tertinggi saat ini adalah Pakistan, Vietnam dan Filipina permintaannya cukup banyak untuk dua model, yaitu Suzuki XL7 dan Karimun Wagon R.

"Melihat tren positif ini, hingga akhir tahun 2021, kami tergetkan mengekspor mobil ke 52 negara tujuan,” terang Apriyanto di Garuda Room, ICE BSD, Tangerang Rabu (17/11).

Suzuki APV, New Carry, All New Ertiga dan XL7 menjadi mobil yang akan dikirim ke 52 negara tersebut. Sedangkan ekspor kategori CKD adalah All New Ertiga, New Carry, dan Karimun Wagon R.

Untuk ekspor CBU sendiri, periode Januari – Oktober 2021 angkanya meningkat 9 persen jika dibandingkan dengan periode Januari – Oktober 2020 dan XL7 menjadi mobil penumpang yang memiliki kontribusi tertinggi tahun 2021.

Tak hanya mobil, motor pada periode Januari-Oktober 2021 juga cukup baik peningkatannya. Tiga model sepeda motor andalan yang berkontribusi besar yaitu Satria F150 sebesar 62,6%, NEX II sebesar 11,9%, dan Address UK110 sebesar 7,2% selama tahun 2021 ini.

Motor sport Suzuki GSX Series juga telah di ekspor ke negara-negara di Eropa seperti, Jerman, Belgia, Perancis, Italia, dan lainnya. Sepeda motor Suzuki saat ini sudah diekspor ke 35 negara, dan akan terus menambah negara tujuan ekspor ke berbagai kawasan lainnya di dunia.

Baca Juga: Suzuki Hadirkan Pelumas Ecstar Untuk Mesin Motor Dan Mesin Tempel Kapal

“Saat industri otomotif nasional sempat melandai akibat Covid-19, ekspor menjadi salah satu lini penjualan yang membantu kami bertahan," terang Apriyanto.

Dia mewakili Suzuki berharap, penjualan ekspor mencapai target yang telah ditetapkan baik dalam hal jumlah unit maupun daftar negara tujuan. "Dengan demikian bisa berdampak positif terhadap pemulihan pasar otomotif,” tutupnya.