POPULAR STORIES

Energica Experia, Motor Adventure Listrik Pertama

Energica Experia, Motor Adventure Listrik Pertama Energica Experia (Foto : Energica Motor Company)

KabarOto.com – Pabrikan motor listrik Italia, Energica baru-baru ini meluncurkan motor adventure listrik pertama di dunia yaitu Energica Experia.

Seperti yang diketahui, motor listrik di dominasi oleh model skutik dan bergaya motor sport. Dan, pihak Energica yang menjadi pemasok tunggal balap Moto-E itu memberikan gebrakan baru dengan menghadirkan motor listrik bergaya motor adventure touring.

Baca Juga : Triumph Tiger 850 Dan 900 2022 Tampil Lebih Segar

Secara tampilan, Experia sekilas mirip dengan Ducati Multistrada. Moge dengan paruh bebek besar, rangka teralis, postur jangkung dan dilengkapi beragam aksesori untuk touring. Tetapi, bedanya motor ini menggunakan dual headlamp LED proyektor yang menjadi ciri khasnya.

Pada bagian samping, terlihat garis desainya mirip dengan rivalnya, dengan kondom tangki besar. Lalu, terdapat tutup untuk pengisian daya dengan rangka teralis sebelah kanan.

Baca Juga : Salam Perpisahan, Honda CB400 Super Four Bol D’Or Final Edition Meluncur Di Jepang

Motor ini dibangun dengan sasis teralis tubular dengan pelat samping aluminium. Bicara soal kaki-kaki, suspensi depan upside-down (USD) 43 mm dari Sachs dengan travel 150 mm yang memiliki fitur preload, ekstension, dan kompresi yang dapat disesuaikan. Sedangkan belakang monoshock dengan travel 55 mm.

Pelek menggunakan model multipalang 17 inci yang dibalut ban Pirelli Scorpion Trail II. Pelek ini disandingkan dengan dual-cakram 330 mm berkaliper Brembo radial empat piston untuk depan, sedangkan belakang cakram 240 mm dengan kaliper dua piston.

Bicara soal performa, motor adventure ini dibekali motor listrik yang memiliki keluaran tenaga 102 dk dengan torsi 115 Nm. Motor listrik ini ditenagai oleh paket baterai lithium polymer berkapasitas 22.5 kWh atau 19.6 kWh. Pihak pabrikan mengklaim motor ini dapat mengisi dari 0 hingga 80 persen hanya dalam 40 menit. Tetapi, harus menggunakan perangkat fast charging DC Level 3.

Tempat pengisian daya baterai

Baca Juga : LiveWire S2 Del Mar Launch Edition Hanya 100 Unit

Layaknya moge adventure lainnya, Energica Experia memiliki seperangkat fitur seperti tujuh riding mode : Eco, Urban, Rain, Sport, dan tiga mode yang dapat dikustomisasi. Lalu, pengereman regenerative memiliki empat pengaturan : High, Medium, Low, dan off. adapun Traction Control dengan enam level, Cornering ABS, Cruise Control, dan layar instrumen kluster 5 inci yang informatif.

Motor adventure listrik ini hanya memiliki satu warna yaitu Bormio Ice. Bicara soal harga, sayangnya pihak Energica belum menyinggung nih Sob. Tetapi, untuk pasar Amerika Serikat sudah membuka pesanan sejak 1 Juni ini dan Experia mulai dikirim ke konsumen pada musim gugur ini.

Tampilan instrumen kluster