POPULAR STORIES

Evolusi Mesin Diesel Mitsubishi Pajero Sport, Tenaga Besar Jadi Unggulan

Evolusi Mesin Diesel Mitsubishi Pajero Sport, Tenaga Besar jadi Unggulan Mitsubishi Pajero Sport lansiran 2015 hingga sekarang(Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Mitsubishi Pajero Sport yang dipasarkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sejak 2009. Kehadirannya ternyata mendapatkan respon positif, karena mobil SUV bermesin diesel ini memiliki tenaga besar, karena menggendong mesin diesel berteknologi turbo.

Awal kehadirannya di Indonesia dengan pilihan beberapa varian, seperti Exceed (4x2 dan 4x4), GLS dan GLX. Hingga saat ini Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia sudah hadir dalam 2 generasi. 2009 sebagai generasi pertama, dan 2015 hingga saat ini sebagai generasi kedua.

Baca juga: Test Drive New Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate (4x2) AT, Lincah Dan Responsif

Model Mitsubishi Pajero Sport lansiran 2009 Hingga 2015

Sebelumnya kehadiran Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia merupakan rakitan dari Thailand, namun kini seluruh varian Mitsubishi Pajero Sport merupakan salah satu produk yang dirakit di Indonesia. Kecuali, varian Exceed transmisi manual yang diimpor secara utuh dari Thailand.

Sebagai informasi, awal kehadiran Pajero Sport di Indonesia itu mengandalkan mesin diesel berkapasitas 2.500 cc dengan kode 4D56. Mesin 4 silinder ini sanggup memuntahkan tenaga mencapai 134 dk dengan torsi 324 Nm. Tenaga ini cukup besar juga dikenal bandel karena masih sanggup menenggak bahan bakar solar.

Bahkan pada 2011, mendapat suntikan tenaga dengan penambahan teknologi Variable Geometry Turbo (VGT) yang tujuannya untuk menciptakan peningkatan performa dengan mencapai tenaga sebesar 175 dk, namun tetap efisien konsumsi bahan bakarnya. Untuk pasaran mobil bekas Pajero Sport 2009-2015 ada direntang harga Rp 185 juta hingga Rp 315 jutaan, tergantung kondisi.

Pada 2015 diperkenalkan generasi barunya, dengan menggendong mesin yang lebih modern dengan kapasitas 2.400 cc. Mesin berkode 4N15 4 silinder, DOHC, Mivec, turbocharged dan intercooled dinilai lebih modern dibandingkan pendahulunya, mesin ini sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 178 dk di 3.500 rpm dan torsi 429 Nm pada 2.500 rpm.

Mesin baru berkode 4N15, bahan baku ringan dengan kapasitas 2.400 cc

Transmisi otomatis 8 percepatan dihadirkan Mitsubishi untuk kenyamanan berkendara yang menyenangkan dan yang pasti konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien. Material mesin dan transmisi juga baru dan lebih ringan sehingga menawarkan performa yang baik dan efisiensi.

KabarOto pernah merasakan performa Mitsubishi Pajero Sport ketika menjelajah wilayah Penajam Paser, Kalimantan Timur, performa mesin seperti tak kehabisan tenaga, saat melibas jalur perbukitan yang memiliki kontur jalan terjal.

Keandalannya makin lengkap, karena Mitsubishi Pajero Sport yang digunakan oleh tim ekspedisi KabarOto dibekali kemampuan penggerak empat roda.

Baca juga: Kenyamanan Mitsubishi Pajero Sport Teruji Saat Jelajah Kalimantan Di Hari Ketiga

Tampilan gagah dengan ground clearance tinggi untuk menjelajah medan non-aspal

Mitsubishi Pajero Sport dibekali rangka kokoh dan desain eksterior dinamis. Desain muka dengan sebutan "dynamic shield" telah menjadi ciri desain semua kendaraan Mitsubishi. Bentuk kendaraan yang besar memiliki kesan kuat sebagai mobil petualang.

"Mengendarai Mitsubishi Pajero Sport itu merasakan aura lebih tersendiri. Kita akan lebih gagah dan macho. Bahkan kalau turun dari Pajero Sport itu seperti punya gengsi tinggi," ujar Ayodhia Nugroho selaku warga Benda, Jakarta Selatan, pengguna Mitsubishi Pajero Sport.

Untuk perawatan, tersedia diler resmi Mitsubishi dibeberapa kota besar di Indonesia. Dengan fasilitas lengkap dan perlengkapan suku cadang, pihak MMKSI siap merawat kendaraan SUV diesel ini setiap saat.

"Segala layanan dan fasilitas yang disediakan oleh Mitsubishi Motors kepada konsumen di Indonesia yang dilengkapi dengan jaringan diler resmi, dan fasilitas perbaikan kendaraan yang tersebar di seluruh Indonesia, akan memastikan kualitas produk serta nilai jual kembali kendaraan Mitsubishi tetap tinggi sehingga menjadi nilai investasi yang baik untuk konsumen," pungkas Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI.