POPULAR STORIES

ExxonMobil Kembangkan Bisnis SPBU Mini, Terbuka Kesempatan Untuk Calon Mitra

ExxonMobil Kembangkan Bisnis SPBU Mini, Terbuka Kesempatan untuk Calon Mitra SPBU Mini ExxonMobil.di Legok, Tangerang.

KabarOto.com - Perusahaan migas global mulai tertarik mengembangkan bisnis penjualan bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia. Setelah Shell dan AKR masuk menawarkan bahan bakar berkualitas, kini ExxonMobil melakukan ekspansi ke Tanah Air.

Perusahaan migas asal Amerika Serikat itu membuka SPBU Mini di daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh SPBU besar seperti Pertamina, Shell bahkan BP. ExxonMobil juga membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin menjadi calon mitra.

Baca Juga: Federal Akui Tidak Ada Tumpang Tindih Penjualan Oli Dengan Produk ExxonMobil

Dalam mengembangkan bisnis ini, ExxoMobile bekerjasama dengan PT Indomobil Prima Energi, dengan sistem kemitraan. Pilot Project untuk SPBU Mini ini sebenarnya sudah dilakukan pada akhir 2018 lalu, dan saat ini SPBU mini ExxonMobil ada di 40 titik diantaranya, daerah Purwakarta, Karawang, Cikarang, dan juga Tangerang.

SPBU Mini ExxonMobil di kawasan Legok, Tangerang ini cukup menarik perhatian

Seperti yang KabarOto datangi, SPBU Mini ExxonMobil di kawasan Legok, Tangerang ini cukup menarik perhatian. Lokasinya berada cukup jauh dari jalan raya. Bahan bakar yang disediakan bernama Gasoline 92 dan dijual dengan harga Rp 9.800 per liter.

Untuk membuka SBPU Mini ExxonMobil ini, calon mitra hanya membutuhkan biaya sekitar Rp 65 juta sampai Rp 85 juta, dengan fasilitas didapat konstruksi, instalasi listrik, dan perizinan. Namun, biaya tersebut tersebut disesuaikan dengan lokasi dan luas lahannya.

Selain biaya di atas, calon mitra juga harus persiapkan dana Rp 40 juta, untuk deposit pasokan BBM dan suku cadang. Biaya deposit ini bersifat refundable, artinya jika kerjasama telah selesai, biaya tersebut bisa dikembalikan.

SPBU Mini ExxonMobil menawarkan bahan bakar Gasoline 92

Jumlah modal menjadi mitra ExxonMobil ini sebesar Rp 110 juta sampai dengan Rp 140 juta. Calon Mitra juga harus memiliki lahan sendiri.

Dengan biaya tersebut, calon mitra nantinya akan mendapatkan 1 mikrosite unit (tangki BBM) , 1 Indostation unit (bengkel mini dan penjualan oli serta suku cadang), sistem dan pemeliharaan, peralatan keamanan, buku panduan, pelatihan karyawan dan seragam.

Baca Juga: Komitmen Hadirkan Pelumas Berkualitas, ExxonMobil Dapat Sertifikat SNI

Willianto Husada, direktur PT Indomobil Prima Energi beberapa waktu lalu mengatakan, pihaknya ingin proyek ini bisa dinikmati oleh pelaku UMKM di daerah. Dia juga menambahkan, sistem kemitraan ini bebas franchise fee untuk 3 tahun pertama. Dan minimal luas lahan yang harus disiapkan calon mitra yaitu 200 meter persegi.