POPULAR STORIES

F1 Azerbaijan Diperpanjang Hingga 2026

F1 Azerbaijan Diperpanjang Hingga 2026 Foto : F1.

KabarOto.com - Bertepatan dengan berlangsungnya Grand Prix Azerbaijan 2023, pihak Formula 1 telah mengumumkan bahwa Grand Prix Azerbaijan akan tetap ada di kalender hingga musim 2026.

Pembaruan kontrak diperpanjang dengan durasi perjanjian tiga tahun. Sirkuit Baku dirancang oleh desainer sirkuit F1 Hermann Tilke, sepanjang 6,003 km, dengan 20 tikungan, menjadi salah satu yang tercepat dalam jadwal F1, memberikan tantangan unik bagi para pembalap.

Baku telah masuk kalender F1 sejak 2016, balapan pertamanya sebagai Grand Prix Eropa sebelum diubah jadi Grand Prix Azerbaijan pada 2017. Sempat absen satu tahun pada tahun 2020 karena Pandemi COVID 19.

“Ini adalah sirkuit luar biasa yang selalu menghadirkan drama besar, dan telah menjadi tuan rumah bagi beberapa balapan paling menarik. Kami senang dapat memperluas hubungan kami dengan negara Azerbaijan dan berharap untuk melanjutkan pertumbuhan bersama," kata Stefano Domenicali, Presiden dan CEO Formula 1.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Dan Kompon Yang Cocok Di F1 Azerbaijan 2023

Tahun ini juga, GP Azerbaijan menampilkan format baru balapan Sprint, dengan adanya sesi Sprint Shootout. Sementara sesi hasil Sprint tidak akan berpengaruh ke starting grid akhir pekan, karena sesi kualifikasi telah dilakukan pada hari Jumat.

Baca Juga : Hasil Kualifikasi F1 Azerbaijan 2023, Charles Leclerc Memimpin

"Kami sangat senang mengonfirmasi kemitraan berkelanjutan kami dengan Formula 1. Sejak kami pertama kali menyelenggarakan acara ini pada tahun 2016, dampak ekonomi, sosial, dan budaya dari olahraga ini di kota kami dan negara sangat luar biasa," papar Farid Gayibov, Menteri Pemuda dan Olahraga Azerbaijan.