POPULAR STORIES

F1 Gelar Balapan Ganda Di Bahrain Dengan 2 Layout

F1 Gelar Balapan Ganda di Bahrain dengan 2 Layout

KabarOto.com – Di ajang Formula 1 musim 2020, tuan rumah Bahrain akan menjadi salah satu negara yang menggelar balapan ganda.

Menurut rencana, Bahrain akan menjadi tuan rumah seri ke-15 dan 16 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Bahrain di daerah Sakhir. Meski digelar di sirkuit yang sama, nantinya balapan bakal menggunakan dua layout lintasan yang berbeda. Dan pihak F1 sudah memutuskan hal ini pada Jumat (28/8).

Baca Juga : FP2 F1 Belgia 2020: Red Bull Racing Menebar Ancaman

Untuk seri 15 F1 2020, akan diberi nama GP Bahrain nantinya para pembalap akan beradu di lintasan sepanjang 5,412 km. Rencananya, GP Bahrain 2020 yang digelar pada 29 November mendatang akan bergulir selama 57 lap.

Outer Track akan menjadi sirkuit tecepat sepanjang sejarah F1

Sementara itu, balapan kedua di Bahrain akan diberi nama GP Sakhir. Untuk seri kedua ini, akan menggunakan lintasan berbeda. Nantinya, GP Sakhir ini akan digelar dengan memanfaatkan sisi terluar alias ‘Outer Track’ dari sirkuit. Panjang lintasan ini terpangkas menjadi 3,543 km.

Dengan ini, jumlah lap GP Sakhir pun bertambah dibanding GP Bahrain lantaran harus memenuhi aturan minimal jarak tembuh dalam sebuah balapan F1 yaitu 305 km. Rencananya, untuk GP Sakhir bakal berlansung selama 87 putaran.

Hal tersebut membuat GP Sakhir sebagai balapan F1 dengan jumlah putaran terbanyak di antara 16 seri lain yang digelar pada tahun ini. Berdasarkan simulasi yang dilakukan, satu putaran GP Sakhir bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 55 detik untuk waktu kualifikasi dan kurang dari semenit untuk waktu balapan.

Layout outer circuit

Ross Brawn selaku Managing Director of Motorsport F1 mengatakan, layout ‘Outer Circuit’ ini sebagai opsi terbaik untuk varian antara GP Bahrain dan Sakhir.

Baca Juga : Jelang F1 Belgia 2020 Dan Musim Ini Akan 17 Seri

“Kami mengumumkan ‘outer circuit’ menjadi format balapan GP Sakhir. Saya berterima kasih kepada pihak sirkuit atas dukungan mereka. Kami telah menilai sejumlah opsi untuk alternatif layout sirkuit, dan memutuskan bahwa outer circuit merupakan alternatif terbaik,” ungkap Ross Brawn melalui pernyataan resmi F1.

Dengan balapan ganda dengan dua layout berbeda yang diterapkan di Bahrain, tentu membuat balap F1 2020 menjadi makin berwarna. Sebab, tiga negara lain yang melakukan balapan ganda musim tidak melakukan konsep dua layout.