POPULAR STORIES

F1 Hadirkan Sprint Qualifying Di Tiga Seri 2021

F1 Hadirkan Sprint Qualifying di Tiga Seri 2021

KabarOto.com - Formula 1 dikabarkan akan menggelar kualifikasi sprint atau sprint qualifying di tiga seri 2021. Hal ini telah menjadi kesepakatan FIA, F1 dan seluruh tim peserta. Jika sesuai, akan ada dua Sprint Qualifying digelar di Eropa sedangkan satu lainnya di luar Eropa. Namun tidak dijelaskan secara rinci di mana berlangsungnya.

Nantinya Sprint Qualifying akan menyuguhkan balapan dengan jarak pendek yakni 100 km. Hasilnya bakal menentukan posisi start di lomba sesungguhnya pada hari Minggu.

Dengan format baru ini, grid untuk Sprint Qualifying akan ditentukan pada Jumat sore dengan menggunakan format kualifikasi saat ini. Masih ada sesi latihan bebas selama 60 menit digelar pada Jumat dan Sabtu pagi.

Baca Juga : Daftar 5 Gaji Pembalap Formula 1 2021 Paling Besar

Dalam kesepakatan itu terdapat aturan poin peraih tiga besar di Sprint Qualifying. Peraih posisi P1 akan mendapatkan tiga poin, sedangkan P2 dua poin, dan P3 satu poin.

“Kami senang dengan kesepakatan ini karena akan membawa penggemar untuk lebih dekat dengan F1 di setiap akhir pekan,” ujar Presiden dan CEO Formula 1 Stefano Domenicali.

Baca Juga : GP Jepang Perpanjang Kontrak Dengan Formula 1 Hingga 2024

“Saya juga senang karena semua tim mendukung Sprint Qualifying. Ini membuktikan kami semua mau bersama berusaha untuk menjaga penggemar sekaligus memastikan F1 tetap menjaga warisan dan reputasi sebagai olahraga balap nomor satu di dunia,” tambahnya.

Presiden FIA Jean Todt juga menyambut baik digelarnya Sprint Qualifying ini di tiga balapan F1 musim 2021, “Sekali lagi, Formula 1 menunjukkan kekuatannya setelah semua pemangku kepentingan mau bekerja sama untuk memastikan format baru ini fair dari aspek-aspek seperti olahraga, teknis, dan finansial,” katanya.