POPULAR STORIES

F1 Tiongkok Tidak Diganti, Musim 2023 Tetap 23 Seri

F1 Tiongkok Tidak Diganti, Musim 2023 Tetap 23 Seri Dok : F1

KabarOto.com - Formula 1 telah mengumumkan bahwa jadwal musim 2023 akan tetap dalam susunan 23 balapan. Karena pihak F1 tidak mengganti Grand Prix Tiongkok dengan seri lainnya.

Jadwal sejatinya ditetapkan 24 seri, namun balapan di Sirkuit Shanghai yang seharusnya diadakan 16 April, terpaksa batal akibat pembatasan di Tiongkok terkait COVID-19.

Baca juga: Williams Dan Mercedes AMG Petronas Akan Merilis Tanggal Peluncuran Mobil Baru

Pembatalan ini meninggalkan celah di kalender antara GP Australia pada 2 April dan GP Azerbaijan pada 30 April sehingga penggemar harus istirahat lama menonton F1 pada akhir pekan.

"Formula 1 dapat mengonfirmasi musim 2023 akan terdiri dari 23 balapan. Semua tanggal balapan yang ada di kalender tetap tidak berubah," ujar pernyataan resmi.

Baca juga: Red Bull Racing Umumkan Tanggal Rilis Mobil Baru

Jika memang sesuai jadwal, peraturan akan sedikit diubah. Akan ada tambahan satu girbok yang tersedia jika musim ini 24 seri. Namun karena tetap 23 seri maka alokasi girbok tetap empat.

Tapi berbeda dengan ketentuan jumlah power unit tidak berubah, dengan jumlah balapan yang berlangsung. Setiap pembalap diperbolehkan menggunakan tiga komponen utama (ICE, MGU-K, MGU-H, turbo) selama setahun.

Jadwal 23 Balapan F1 2023 :