Fiat Siapkan Generasi Baru Panda Bermesin Listrik

Fiat Siapkan Generasi Baru Panda Bermesin Listrik

KabarOto.com – Fiat telah mengumumkan produksi generasi baru 500 bermesin listrik, dimulai pada kuartal kedua 2020 di Italia. Selain 500 bermesin listrik, Fiat akan menghadirkan seri Panda generasi berikutnya, dikabarkan akan melakukan debut pada 2021, dilanjutkan model Panda bermesin listrik dua tahun setelahnya.

Produksi mobil ini, terinspirasi dari Centoventi Concept yang diluncurkan Fiat di Geneva Auto Show 2019 untuk merayakan ulang tahun ke-120 Fiat, city car listrik ini menampilkan paket baterai tambahan modular untuk menjaga harga jual tetap rendah.

Mesin listrik Fiat Panda, menggunakan baterai yang bisa dilepas-pasang untuk ditukar atau ditingkatkan dengan baterai lain agar jarak tempuh semakin jauh. Sebagai standar, mobil ini sudah membawa 2 modul baterai dan pemilik bisa menambah hingga 3 modul baterai untuk jangkauan yang lebih jauh.

Baca juga: Fiat 500 Dolcevita, Edisi Spesial Perayaan Ulang Tahun

Mobil ini dapat menerima tenaga hingga dari 5 modul baterai yang bisa dipasang, tenaga dari 1 unit modul bisa membawa mobil berjalan sejauh 100 km. Itu berarti mobil dapat berjalan sejauh 500 km, jika pemilik menggunakan 5 modul baterai. Dilansir dari Autocar, Olivier François selaku CEO Fiat Automobiles Brand Global, tampilan Panda generasi berikutnya akan meniru konsep penampilan Centoventi yang memberikan kebebasan kepada pemilik untuk mengkonfigurasi mobil secara bebas.

Berbicara mengenai Contoventi, merupakan mobil kompak yang dimulai sebagai kanvas kosong dan siap untuk dipersonalisasi secara bebas oleh pemilik, Fiat memberikan beragam pilihan komponen seperti atap, desain roda, cat bodi dan bumper. Terdapat 5 pilihan modifikasi standar yang disediakan Fiat selain ditentukan sendiri oleh pemilik diantaranya desain Beach, Office, Work, Freetime, dan Fashion.

Dengan Contoventi membuat pemilik memiliki kebebasan memilih dan mongkombinasikan komponen yang disediakan oleh Fiat, terdapat model atap yang bisa dilepas sehingga pemilik dapat menggantinya dengan model atap soft-top, sunroof atau roof-box. Menariknya, bumper depan dibuat dari bahan busa baru berteknologi memory foam yang dapat menyerap goresan dan mengurangi efek tumbukan, sehingga lebih aman saat menabrak pejalan kaki.

Beralih ke bagian interior, Fiat menyediakan berbagai pilihan kombinasi warna, perangkat interior, dan aksesoris interior lainnya bisa dipesan secara online dan dipasang sendiri oleh pemilik. Terdapat lubang kecil di bagian dasbor dan panel pintu memungkinkan pemilik memasang komponen tambahan yang dipesan.

Baca juga: Cuma Sedikit Di Indonesia, Fiat 1100T Ambulance Modifikasi Nyentrik

Menariknya, bangku penumpang depan bisa dilepaskan dan digantikan dengan perangkat lain, seperti kursi khusus anak atau kotak penyimpanan tambahan bila diperlukan. Terdapat instrument cluster berukuran 20 inci dan headunit dengan 2 pilihan dibagian dasbor, pemilik bisa memilih untuk menggunakan layar sentuh konvensional atau smartphone pemilik sebagai perangkat multimedia inti.

Diketahui, Fiat juga berencana untuk mengurangi line-up ke beberapa model 500 dan Panda, serta berhenti memproduksi mobil besar, premium atau mobil sport.

Hal ini dilakukan karena mereka akan fokus pada produksi kendaraan mobilitas perkotaan dan transportasi keluarga. (Nora Dian Pratama)