Fiat 500 Dolcevita, Edisi Spesial Perayaan Ulang Tahun

Fiat 500 Dolcevita, Edisi Spesial Perayaan Ulang Tahun Foto: Fiat

KabarOto.com – Fiat telah meluncurkan lebih dari 30 edisi khusus Fiat 500 sebagai mahakarya otentik Italia selama 12 tahun terakhir. Pada 4 Juli 2019, Fiat 500 Dolcevita hadir sebagai kado perayaan ulang tahun Fiat 500 yang ikonik ke-62.

Edisi khusus Dolcevita berasal dari bahasa Italia yang artinya ‘kehidupan yang manis’. Fiat 500 Dolcevita dikhususkan konsumen yang mencari mobil dengan keanggunan dan eksklusivitas, layaknya seorang Diva.

Desain eksterior menampilkan corak Gelato White, diperkuat garis kecantikan merah dan putih mengelilingi seluruh bodi. Emblem krom Dolcevita di bagian belakang, melengkapi cetakan krom pada kap mesin, kaca spion dan side moulding dengan label 500.

Baca juga: Profil Jeep Wrangler JL 2018

Desain eksterior menawan itu dipercantik pelek alloy 16 inci putih yang elegan, dihiasi berlian dan atap kaca Skydome untuk versi hatchback.

Masih di bagian eksterior, untuk pertama kalinya pada model 500, Fiat melengkapinya dengan atap bergaris putih dan biru horizontal dengan logo 500. Garis-garis tersebut bersulam garis warna merah membentuk angka 500, yang terinspirasi oleh kursi geladak dan payung pantai Italian Riviera of the Sixties.

Sapuan warna tersebut menyiratkan laut biru dan pasir putih yang dibuat dengan proses produksi menggunakan alat tenun. Saat proses tenun, secara bersamaan menenun benang biru dan putih untuk mencapai efek denim dan benang merah untuk logo 500. Hasil tenunan yang dipasang merupakan tanda tangan eksklusif untuk edisi khusus 500 Dolcevita.

Interior Mewah Warna Gading

Kemewahan tak hanya dilihat dari eksterior, masuk ke kabin mencerminkan keanggunaan dengan dasbor kayu dan garis kontras, serta warna gading interior yang mewah.

Kayu yang dipasang pada 500 Dolcevita menggunakan kayu berkualitas dengan proses pembuatan bertahap yang lama. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan stabilitas, fleksibilitas dan ketahanan untuk waktu lama.

Kemewahan interior semakin terlihat pada kursi yang dibalut jok kulit Frau baru berwarna gading, dengan corak anyaman di tengah.

Baca juga: Cuma Sedikit Di Indonesia, Fiat 1100T Ambulance Modifikasi Nyentrik

Masih di bangku kemudi yang mewah, terdapat lencana membentuk angka 500 yang menandakan Anda masuk ke mobil khas Italia dari Fiat. Garis merah di sekitar jok kulit dan garis berwarna gading di tepi karpet, menambah kemewahan kursi.

Dapur pacu yang digunakan pada Fiat 500 Dolcevita memiliki 2 pilihan mesin. Opsi pertama yakni mesin berkapasitas 1.200 cc dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 5 percepatan, yang disebut Dualogic box.

Mesin ini punya keluaran tenaga 69 dk dengan torsi 102 Nm. Serta sanggup berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 12,9 detik, dengan tetap memenuhi standar emisi Euro 6. Menurut klaim Fiat, untuk pemakaian dalam kota, konsumsi bahan bakarnya di angka 1:16,3 (liter per km).

Opsi berikutnya adalah mesin berkapasitas 900 cc plus turbo, yang bertenaga 85 dk dengan torsi 145 Nm. Disambung ke transmisi manual atau Robotic 5 percepatan.

Merasakan Nostalgia 1960-an dengan Dolcevita

Fiat 500 Dolcevita mengibaratkan kisah Paparazzi, yang diceritakan jurnalis foto Via Veneto. Kisah tersebut tentang suasana tahun 1960-an di Roma sebagai tempat liburan mewah kelas dunia, pecinta klub malam, hotel mewah di mana-mana dan orang penting yang saling bertemu di meja kafe VIP.

Edisi khusus ini mewujudkan nilai-nilai glamor Italia dan gaya hidup bergengsi yang melibatkan mode, desain, seni, rasa, imajinasi dan estetika kehidupan sehari-hari yang penuh akan kemewahan. 500 menjadi ciri khas Fiat untuk melukiskan identitas dan pesona Italia, yang bisa dibanggakan oleh produsen mobil di dunia.

Bagi yang berminat membawanya ke garasi, pemesanan 500 Dolcevita sudah dibuka pada akhir Juli tahun 2019 dengan harga mulai dari £ 17.995 atau sekitar Rp 285 juta untuk versi hatchback dan £ 20.995 atau kisaran Rp 332 juta untuk versi convertible. (Nora Dian Pratama)

Baca juga: Jeep Wrangler Rubicon 2014 – Jeep 6 Roda Lintas Benua!