Jeep Wrangler Rubicon 2014 – Jeep 6 Roda Lintas Benua!

Jeep Wrangler Rubicon 2014 – Jeep 6 Roda Lintas Benua! Jeep Wrangler Rubicon 6x6 (Foto: Kipli)

KabarOto.com – Sekilas melihat tampak depan, memang tak ada yang menonjol dari Jeep Wrangler berwarna hijau menyala ini. Namun, Henwil Salim selaku owner dari JHL Custom Garage punya tekad lebih liar dari rata-rata pemilik Jeep, yakni merubah jip yang berbasis 4x4 ini menjadi 6x6!

Tengok saja bagian buritan dan anda langsung bisa melihat, ternyata Jeep ini ditopang 6 roda besar hasil dari rumah modifikasi bernama Wild Boar yang bermarkas di California, Amerika Serikat. Benar saja, mobil ini sengaja dipesan oleh empunya untuk transformasi semua sektor di negeri Paman Sam tersebut.

Baca Juga: Chevrolet Trailblazer 2017 – Mobil Baru, Langsung Dipotong!

“Memang khas dari modifikasi yang mereka lakukan adalah konversi 6x6, dari situ juga saya merambah ke sektor lain seperti aksesori, mesin dan interior,” buka Henwil yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur JHL Auto di bilangan Gading Serpong, Tangsel.

Meski memukau, proses yang dilalui cukup panjang. Mulai dari trial & error selama 2 tahun. “Di situ juga mobil kami mengalami sasis retak dan beberapa kendala lainnya. Kesimpulannya meski mereka sudah berhasil membuat 2 unit sebelum ini, bukan berarti prosesnya akan se-sempurna yang kita bayangkan,” jelas penggeber Subaru WRX Stage 3 ini.

Jeep 6x6 pertama di Indonesia ini mengalami extension panjang sebanyak 1 meter lebih. “Kalau pemanjangan dimensi saya percaya karena mesin CnC mereka lebih lengkap ketimbang di sini, meski demikian hasil karya anak bangsa juga sudah canggih-canggih kok sekarang,” papar Henwil.

Sehubungan dengan bobot keseluruhan yang bertambah, mesin 3.600 cc-nya dipensiunkan dan di-swap dengan mesin HEMI berkapasitas 6.400 cc, yang sudah di-tune untuk menghasilkan torsi besar. Sementara ini, yang diganti dari part standarnya adalah radiator aluminium lengkap dengan reservoir-nya, juga filter berjenis open air untuk menyuplai udara dengan debit lebih banyak.

Henwil mengaku banyak yang akan direvisi oleh tangan dinginnya beserta tim JHL Custom Garage dalam waktu yang akan datang.

“Sebenarnya banyak sekali yang ingin review tapi belum saatnya, mungkin nanti setelah kami revisi di beberapa bagian seperti konstruksi rollbar, pulley, travel suspensi yang terbatas di 3,5 inci dan lain-lain agar terlihat dan terasa lebih ‘monster’ lagi,” tutupnya.

Spesifikasi: Pelek Fuel Off-Road Wheels 20 inci, winch ComeUp, gardan Ford 9 inci, gardan Dana 44 belakang, sasis 36 inci, suspensi KING Remote Reservoir, engine swap HEMI 392.