POPULAR STORIES

Chevrolet Trailblazer 2017 – Mobil Baru, Langsung Dipotong!

Chevrolet Trailblazer 2017 – Mobil Baru, Langsung Dipotong! Mobil baru, sudah dipotong-potong! (Foto: Kipli)

KabarOto.com – Pecinta off-road tentu suka memasang aksesori agar mobilnya semakin gagah dan fungsional ketika dipakai di medan adventure. Agar tidak sayang, mayoritas memilih mobil keluaran lama untuk dimodifikasi. Tapi, 'pasien' I Wayan Siu Kumara dari Wbar Custom ini malah pilih mobil baru buat dimodifikasi.

Tidak tanggung-tanggung, yang dipilih adalah Chevrolet Trailblazer lansiran 2017 untuk kemudian dioperasi di bagian bumper depan.

“Kebetulan kalau versi luar negeri, bagian aksesori bumpernya ada yang modelnya sama. Sang owner minta seperti itu, saya tinggal menyanggupi dan mengatur komposisi lampu, fabrikasi, dan warnanya,” jelas Wayan, sang owner Wbar Custom.

Baca Juga: Komunitas Chevrolet Apresiasi Infrastruktur Pulau Borneo

Kebetulan mobilnya SUV berkelas, penggeber Harley-Davidson itu memang tidak ingin menonjolkan bahwa Trailblazer itu punya aksesori yang mahal.

“Enggak mentang-mentang lampu mahal dan bumpernya eksklusif. Saya mau warnanya menonjol, justru saya ingin mix and match warna aksesori dengan mobilnya, biar kelihatan lebih berkelas dan justru mengangkat derajat mobilnya,” bebernya.

Menurut Wayan, kesulitan terletak pada sensor mobil yang sangat sensitif ketika dilakukan modifikasi, terutama bagian bumper depan dan belakang. “Mobil ini enggak kayak SUV Jepang yang tinggal kita ukur dan tarik kabel untuk manipulasi sensor agar bisa normal,” katanya.

Jujur saja, Wayan harus sangat detail di perhitungan bumper saat fabrikasi, agar semua sensor masih berfungsi secara normal sekaligus fungsional. Pengerjaan yang memakan waktu selama 2 minggu ini terdiri dari custom braket dengan ketebalan 8 mm dan 6 mm untuk bumper, sedangkan untuk luarnya memakai pelat bending dengan ketebalan 3 mm.

Agar gagah secara estetika, mobil ini dipasang ban Maxxis AT dengan ukuran 275/65R18. “Sengaja bumper standar bagian depan dirumahkan, sedangkan bagian belakang agak dikorbankan untuk penyesuaian bumper kami. Untuk ban, ukuran ini sudah cukup karena jika terlalu besar malah repot untuk mengejar putaran mesin dan girboks standarnya,” ujarnya.

Alasan mobil ini memakai pelek standar adalah karena adanya bantalan penahan ban pada sisi dalam sepatbor. “Kalau mobil lain kita bisa lebih leluasa milih pelek. Kalau yang ini jangankan diameter, main di offset juga agak susah cari variannya yang sreg buat penampilan,” tutupnya.

Spesifikasi: Bumper depan & belakang Wbar Custom bracket 8 mm + 6 mm, pelat 3 mm bending, ban Maxxis AT 275/65R18

Pemilik ingin desain bumper depan Holden Trailblazer ala luar negeri

Bumper belakang harus sedikit dikorbankan untuk mendapatkan hasil maksimal

Pasang Ban Maxxis AT ukuran 275/65R18 agar makin gagah

Wbar Custom menerima desain dan keinginan pelanggan dalam modifikasi

Lampu tambahan di tempatkan sesuai komposisi

Fog lamp tetap jadi menu wajib

Desain bumper belakang yang mengangkat kasta mobilnya

Auxiliary lamp dengan harga yang relatif tinggi