Fin Komodo KD 250 X Buatan Jawa Barat Raih Penghargaan Kemenperin

Fin Komodo KD 250 X Buatan Jawa Barat Raih Penghargaan Kemenperin

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyelenggarakan Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2020 yang bertujuan untuk menjaring para desainer lokal agar menciptakan desain produk industri yang inovatif, berkualitas dan berkarakter Indonesia.

“Salah satu pemenangnya adalah PT Fin Komodo Teknologi yang berasal dari Cimahi, Jawa Barat, dengan menciptakan desain Fin Komodo KD 250 X,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Jakarta, Rabu (20/1).

Fin Komodo yang didesain oleh Ibnu Susilo, memenangkan penghargaan Grand Award IGDS 2020 kategori Design Product dengan mengalahkan ratusan peserta lainnya. Fin Komodo klaimnya adalah kendaraan roda empat yang dirancang khusus untuk melintasi medan terjal, namun didesain dengan kenyamanan bak mobil sedan.

“Desain suatu produk benar-benar sangat memengaruhi selera pasar. Misalnya produk industri kalau sudah ada desainnya, tentunya pasti diikuti pengemarnya,” kata Gati.

Baca Juga: Kemenperin Manfaatkan AMMDes Memutus Penyebaran Virus Corona

Ia melanjutkan, di level Asia, kalau produk Tanah Air sudah dilirik oleh acara-acara di luar negeri yang artinya punya daya saing. Apalagi didukung penghargaan IGDS, ia yakin daya saingnya pasti bisa lebih meningkat.

Unitnya dibanderol Rp 110 juta. Fin Komodo diklaim sudah banyak dicoba oleh para penggemar olah raga off-road. Selain itu, kendaraan ini diharapkan bisa digunakan sebagai kendaraan penghubung wilayah pedesaan atau di daerah terpencil.

Baca Juga: Tanggapi Safeguard, Kemenperin: Tak Usah Khawatir, Otomotif Indonesia Di Atas Filipina

Pengamat Desain Otomotif Rudi Budiman, sekaligus Juri IGDS 2020, menilai Fin Komodo mampu menjadi tonggak desain kendaraan multiguna di Tanah Air. “Kehadirannya menjawab semua kebutuhan area rural dan sangat berpotensi untuk pengembangan desiain yang lebih spesifik,” ujar Rudi.

Selain untuk mobilitas masyarakat, Fin Komodo dinilai dapat digunakan untuk kendaraan TNI dalam upaya menjaga wilayah perbatasan. Para penjaga hutan pun dapat memanfaatkan mobil ini untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan lantaran karena Fin Komodo mampu menjelajah kubangan dan tanah terjal dengan performa yang baik.