POPULAR STORIES

Kemenperin Manfaatkan AMMDes Memutus Penyebaran Virus Corona

Kemenperin Manfaatkan AMMDes Memutus Penyebaran Virus Corona Penyemprotan menggunakan AMMDes di Cimanggis, Bogor

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian terus mendukung masyarakat di berbagai wilayah memutus rantai penyebaran virus corona. Menperin mengandalkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) water tank dialihfungsikan menjadi alat penyemprot cairan disinfektan. Kendaraan ini dilengkapi dengan tangki berkapasitas 600 liter.

Wilayah yang disterilisasi kali ini adalah Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Ada enam rukun warga (RW) yang disemprotkan, target seluruhnya mencapai 13 RW.

Baca Juga: Musnahkan Si Jago Merah Hingga Pelosok Indonesia, AMMDes Fire Fighters Resmi Meluncur

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi daerah-daerah yang membutuhkan peran AMMDes untuk menyemprot disinfektan.

Penyemprottan disinfektan mengunakan AMMDes di Bogor, Jawa Barat

"Ini wujud nyata dari kolaborasi antara pemerintah dengan pelaku industri dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19,” terangnya, Minggu (29/11/2020). Dia menambahkan, aspek kesehatan merupakan faktor penting, untuk penopang produktivitas masyarakat. Aktivitas ekonomi harus jalan beriringan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan yang ketat.

“Kita berkomitmen menjaga aktivitas ekonomi agar bisa berjalan di tengah pandemik ini," tambahnya. Termasuk menurut dia kegiatan di sektor industri, karena fungsi esensialnya dalam memproduksi beragam produk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dia pun yakin, jika masyarakat produktif karena wilayahnya terbebas dari virus corona, pelaku industri bisa menjalankan usahanya dengan baik di masa ini. Mendukung juga upaya pemulihan ekonomi nasional sehingga tidak terjadi krisis.

“Saat ini pertumbuhan signifikan di sektor industri untuk memenuhi kebutuhan pasar," tambahnya. Industri yang tumbuh di antaranya makanan, industri alat-alat rumah tangga, dan dan kendaraan bermotor yang mulai mengalami peningkatan.

Baca Juga: Kemenperin Gelar Kompetisi Desain AMMDes, Begini Cara Ikut Sertanya

Menurutnya, kinerja industri yang mulai menggeliat secara bertahap ini, menunjukkan sinyal positif. “Kami yakin, AMMDes ini mampu berperan dalam upaya mencapai sasaran tersebut,” imbuhnya.