Kemenperin Gelar Kompetisi Desain AMMDes, Begini Cara Ikut Sertanya

Kemenperin Gelar Kompetisi Desain AMMDes, Begini Cara Ikut Sertanya AMMDes hasil modifikasi yang tampil di IMX 2019 (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian terus berupaya untuk membuat desain Alat Mekanis Mutiguna Pedesaan (AMMDes) lebih inovatif dan bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat pedesaan. Agar, kendaraan serbaguna ini bisa terdongkrak penjualannya dan bersaing di dalam maupun luar negeri.

Upaya yang dilakukan salah satunya melalui kompetisi Kemenperin AMMDes Digimodz 2020 yang melibatkan desainer-desainer muda yang kreatif. Hasilnya, tentu akan diimplementasikan secara nyata untuk kepentingan masyarakat pedesaan.

Baca Juga: Desainer Wajib Ikuti Kompetisi Desain AMMDes

Presiden Direktur PT KMWI, Reiza Treistanto mengatakan, kompetisi sebagai ajang para desainer Indonesia untuk unjuk kebolehan dan mengasah kemampuan. Juga dapat mendukung peningkatan produktivitas masyarakat di desa melalui karya-karya yang inovatif dan kompetitif.

Dia berharap, kompetisi ini bisa mengispirasi para desainer digital Indonesia, untuk terus mendukung produk karya anak bangsa ini. Sehingga, dari sisi desain dan kegunaan semakin baik dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat pedesaan. “Yang terpenting bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyaakat pedesaan,” terang Reiza, dalam konferensi pers virtual, Jum’at (4/9).

Pengiriman karya untuk kompetisi AMMDes Digimodz bertema Born to Inspire, dimulai pada 4-28 September 2020. Para pemenang terpilih akan diumumkan diumumkan saat penyelenggaraan Indonesia Modification Expo (IMX), Hybrid Event pada 10 Oktober 2020.

Untuk bisa mengikuti kegiatan ini, peserta cukup mengunduh formulir dan file gambar AMMDes pada laman www.ammdesdigimodz.com. Desain digital AMMDes yang telah dibuat peserta, selanjutnya dikirim ke email [email protected]

AMMDes yang sudah dimodifikasi (Foto: Istimewa)

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika dalam kesempatan yang sama mengatakan, penilaian secara garis besar adalah aplikasi dan gaya desain. Dinilai dari perubahan desain tampak depan dan juga belakang. Selain itu perubahan warna, pelek dan menambahan aksesori penunjang lainnya.

Di bagian belakang, penambahan untuk produktivitas pedesaaan, disesuaikan bagian belakang sebagai kendaraan penunjang pedesaan. Desainer diharapkan bisa mengeksplore kreativitasnya. Setiap hasil desain bisa direalisasikan oleh Kemenperin dalam bentuk prototipe.

Saat mengisi formulir registrasi pendaftaran, pesera wajib menjelaskan konsep desain, untuk apa dan akan diadakan di daerah mana. Jadi bukan hanya sekedar menggambar saja.

Baca Juga: Deretan Mobil Mewah Rolls-Royce Berbanderol Puluhan Miliar Rupiah

Pemenang utama akan mendapatkan piala, sertifikat dan uang tunai Rp10 juta. Sementara itu, pemenang sosial media berhak mendapat sertifikat dan uang tunai Rp5 juta. Ada 5 nominasi desain terbaik, masing-masing akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp2 juta. Pengumuman pemenang akan diinformasikan lewat email dan telepon.