POPULAR STORIES

First Ride - 15 Menit Menjajal Performa Vespa Elettrica Yang Halus

First Ride - 15 Menit Menjajal Performa Vespa Elettrica yang Halus First Ride - 15 Menit Menjajal Performa Vespa Elettrica yang Halus (Kipli)

KabarOto.com - Piaggio Indonesia akhirnya resmi memboyong Vespa Elettrica di Indonesia. Skuter listrik tersebut dibanderol Rp 198 juta on the road Jakarta.

Pada kesempatan test ride singkat yang digelar Piaggio di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan (09/05), test rider KabarOto memiliki kesempatan kurang lebih 15 menit untuk line-up Vespa elektrik perdana dari Piaggio tersebut.

Test rider memutari kawasan perumahan Pondok Indah, tepatnya di jalan Kartika Raya, yang relatif memiliki kontur jalan bermacam-macam mulai dari polisi tidur, jalanan aspal mulus dan berkelok, hingga kemacetan pukul 16.00 WIB.

Impresi awal dari motor ini cukup familiar, seperti menduduki sadel varian terdahulunya yakni tipe Primavera. Wajar saja, karena memang basis sepeda motor yang digunakan adalah tipe tersebut dengan tenaga listrik sebagai pembedanya.

Baca Juga: Galeri Vespa Elettrica Yang Mejeng Di GIIAS 2023

Technical Training Manager PT Piaggio Indonesia, Irvan Henrianto bersama PR & Communication Manager PT Piaggio Indonesia, Ayu Hapsari pun mengamini hal tersebut. Menurutnya, yang membedakan secara detail spesifikasi hanya dimensi Elettrica yang sedikit lebih panjang daripada Primavera sekitar 2 cm akibat penggunaan motor listrik, dan tak berpengaruh terhadap handling unitnya.

Paling terasa perbedaannya tentu dari segi performa karena meninggalkan mesin konvensional dan beralih ke penggerak motor listrik, dengan daya sebesar 3,6 kW, dengan torsi puncak sekitar 200 Nm.

Untuk urusan kaki-kaki, suspensinya tak jauh beda dengan tipe Primavera. Pihak teknis pun menyebutkan bahwa tak ada perbedaan signifikan, hanya disesuaikan dengan bobot Elettrica yang memang lebih berat 20 kg dari Primavera.

Baca Juga: Wajib Diperhatikan, Ternyata Begini Cara Rawat Vespa Elettrica Yang Benar Dan Disarankan

Melibas tipikal jalanan ibukota tentu bukan hal yang sulit dilakukan berbekal spesifikasi tersebut. Terlebih lagi torsi penggeraknya terasa berbeda dengan sepeda motor listrik yang kerap ramai menghiasi jalanan.

Perbedaannya sangat signifikan, mayoritas sepeda motor listrik Tiongkok pada umumnya sangat terasa menghentak dan cenderung mengagetkan jika membuka gas secara spontan. Berbeda dengan Elettrica yang cenderung halus dan tak menghentak meski mengaktifkan mode Power. Berbeda dengan mode tersebut, mode Eco lebih bersahabat dan bijak digunakan ketika melibas kemacetan Ibukota, karena lebih irit baterai.

Enaknya lagi, Elettrica punya opsi reverse mode, yang dapat membantu pengendara ketika ingin memundurkan kendaraan tersebut. Nah, ingin tahu review lengkapnya? Simak terus update-nya di KabarOto ya, Sob!