POPULAR STORIES

First Ride - Begini Rasanya 2 Hari Bersama Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected Di Bali

First Ride - Begini Rasanya 2 Hari Bersama Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected di Bali Kipli/ Yimm

KabarOto.com - Kehadiran Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected di awal tahun 2023 didaulat untuk mengundang perhatian masyarakat Indonesia di segmen skuter matik 125 cc.

Berbekal desain skuter matik khas Eropa, Yamaha nampak ingin mulai bermain di pasar skutik bergaya neo-retro atau retro dan modern.

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun berinisiatif mengajak awak media, untuk merasakan performa Grand Filano Hybrid-Connected di pulau Bali selama 2 hari.

Mesin yang mengusung teknologi Blue Core Hybrid 125 cc diuji mengelilingi kawasan-kawasan di Bali yang dikemas dalam acara Classy on Vacation.

Baca juga: Profil Yamaha Neos Yang Mejeng Di IIMS 2023

Kawasan yang dikunjungi pun beragam, mulai dari pantai hingga lokasi hang-out dan monumen-monumen bersejarah di pulau Bali, yang disesuaikan dengan tema skutik tersebut.

KabarOto pun langsung tancap gas menjajal sejak hari pertama menyusuri berbagai lokasi tersebut dari Yamaha DDS Bali. Pantai Mertasari pun menjadi tujuan pertama dengan rute yang didominasi jalan raya dengan aspal dengan kondisi normal layaknya Jabodetabek.

Perjalanan dilanjutkan ke destinasi ke-2 yakni Pantai Balangan yang memiliki kontur berkelok dengan tanjakan dan turunan yang relatif terjal untuk ukuran skutik 125 cc, namun dapat dilewati dengan baik tanpa bersusah payah memikirkan momentum untuk berakselerasi.

Perjalanan berakhir di sebuah beach club sebelum akhirnya kembali ke penginapan. Impresi awal yang KabarOto rasakan, riding position skutik ini cukup nyaman, bahkan dengan postur pengendara dengan tinggi 188 cm dan bobot 95 kg.

Jujur saja, awalnya test rider KabarOto sempat pesimis melihat dimensi skutik yang kelihatannya hanya cocok digunakan untuk bepergian jarak dekat. Namun, total jarak 125 km selama 2 hari dapat kami lalui tanpa terasa pegal di badan, bahkan ruang untuk kaki pun relatif masih lega.

Baca juga: Kabar Gembira, Pengguna Yamaha XMax Connected Dapat Layanan Setara Moge Dari YIMM

Jok bertekstur bordir unik tersebut mungkin jadi salah satu faktor pendukung kenyamanannya, ditambah lagi dimensi jok yang lebar makin bikin betah berlama-lama diatas motor tersebut.

Semakin percaya diri lagi, ketika mengukur konsumsi BBM dengan pemakaian tersebut, skutik ini sanggup mengukir angka 52,7 kpl untuk pemakaian rata-rata per hari ditunjukkan di layar TFT color. Meski demikian, belum ada kesempatan untuk menguji konsumsi BBM dengan metode pengisian full-to-full.

Selain itu, layar spidometer berwarna tersebut juga menunjukkan kondisi oli dan aki, konsumsi bahan bakar, lokasi parkir terakhir ketika motor terhubung aplikasi, fitur rank, notifikasi pesan dan telepon masuk, eror atau malfungsi kendaraan.

Adapun animasi seperti Welcome dan Goodbye Message, Odometer, Fuel Consumption, dan Power Assist Indicator juga ada pada motor tersebut.

Hal praktis lainnya, terdapat pada Smart Front Fuel untuk mengisi bahan bakar dari laci depan tanpa perlu membuka jok, serta adanya bagasi 27 liter, yang dilengkapi dengan lampu LED.

Seperti apa tes lengkapnya? Pantau terus KabarOto ya!