First Ride - Jajal Kelihaian New Honda CBR250RR SP Quick Shifter Di Jawa Barat

First Ride - Jajal Kelihaian New Honda CBR250RR SP Quick Shifter di Jawa Barat Kipli/ AHM

KabarOto.com - Belum lama ini diluncurkan, New Honda CBR250RR mengisi segmen motor sport 250 cc di Tanah Air bersaing dengan beberapa merek lainnya. Hari ini (05/10), KabarOto pun mendapatkan kesempatan eksklusif untuk menjajal singkat motor tersebut di test course milik Astra Honda Motor (AHM), Cikarang, Jawa Barat.

Pihaknya meluncurkan varian New CBR250RR varian SP dan SP Quick Shifter dengan fiturnya masing-masing. Kebetulan, KabarOto menjajal tipe dengan kasta tertingginya yakni SP Quick Shifter dengan total 2 lap atau 2 putaran.

Motor ini dibekali mesin 2 silinder DOHC 8 katup berkapasitas 250 cc, yang diklaim menghasilkan tenaga maksimal 41,5 dk di 13.000 rpm, dan torsi maksimum hingga 25 Nm di 11.000 rpm. Untuk mencapai jarak 200 meter, motor ini mencatatkan waktu 8,65 detik dengan kecepatan puncak diklaim hingga 175 kpj.

KabarOto menjajal manuver di tikungan dengan motor yang hadir dengan fitur suspensi SFF-Big Piston ini, hasilnya motor ini mampu menunjukkan performa stabilnya dalam melahap tiap tikungan di test course tersebut, bahkan ketika mencoba down shift di kecepatan 70 kpj dengan fitur quick shifter, tak ada gejala selip atau 'oleng' di tikungan.

Hal tersebut berkat fitur Assist/ Slipper Clutch juga hadir pada varian New CBR250RR SP dan SP Quick Shifter, mengurangi risiko engine brake saat penurunan gigi secara ekstrem. Sehingga dapat mencegah ban belakang selip sekaligus menambah kenyamanan rider.

Terdapat 4 mode Quick Shifter yang dapat disesuaikan pada New CBR250RR, yaitu Shifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi, menaikkan gigi saja, menurunkan gigi saja dan mode Quick Shifter off.

Sistem pengereman juga terasa halus diiringi getaran mesin yang minim, membuat performa braking makin 'pede' di tiap tikungan test course tersebut.

Saatnya mencoba trek lurus untuk merasakan akselerasi dan kecepatan maksimum mesin, di trek sepanjang 400 meter. Klaim kecepatan maksimum yang dirilis Astra Honda Motor adalah 175 kpj untuk New CBR250RR.

Trek sepanjang itu, KabarOto, berhasil menembus 176 kpj di spidometer, ada kemungkinan, klaim kecepatan maksimum yang dimaksud AHM adalah 175 kpj via alat GPS atau sejenisnya.

Baca Juga: Pasar Skutik Ramai, Apa Alasan Honda Malah Luncurkan CBR250RR Anyar

Seluruh varian CBR250RR juga telah disematkan Throttle By Wire agar akselerasi halus dan stabil. Untuk memaksimalkan fungsinya, Throttle By Wire dilengkapi riding mode selector, sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan.

Performa keseluruhan terbilang positif, hanya saja, ubahan barunya mungkin masih bisa ditingkatkan dalam segi performa akselerasi awal, mengingat beberapa ubahan tersebut masih terasa relatif mirip dengan generasi sebelumnya.

Mau lihat ulasan test ride lengkapnya? Pantau terus KabarOto.