Fitur Canggih Ini Bisa Bikin BMW Seri 3 G20 Berjalan Mundur Sendiri Sejauh 50 Meter

Fitur Canggih Ini Bisa Bikin BMW Seri 3 G20 Berjalan Mundur Sendiri Sejauh 50 Meter BMW 330i M Sport (KO/Edo)

KabarOto.com - Bertempat di ICE, BSD City, BMW Indonesia sebagai pemegang merek BMW di tanah air, baru saja memperkenalkan generasi teranyar dari sedan kompak andalannya, seri 3 di hadapan awak media.

Menggunakan kode bodi G20, sedan yang hadir di Indonesia dengan mengusung model 330i M Sport tersebut memiliki penampilan yang jauh lebih modern dibanding generasi sebelumnya.

Baca Juga: Sebelum GIIAS 2019, BMW Perkenalkan All New Seri 3 G20

Di bagian depan, seperti BMW baru lainnya, terdapat kidney grille berukuran besar, lengkap dengan bumper baru yang desainnya sporty. Pada lampu utama juga mengalami perubahan desain. Di banding generasi F30, seri 3 kini terlihat lebih agresif dengan garis yang tegas.

"All New BMW Seri 3, hadir dengan mengedepankan teknologi dan bahasa desain terbaru dari BMW," Jodie O'tania, Director of Communications BMW Group Indonesia.

Tak hanya tampilannya yang semakin menarik, seri 3 terbaru itu juga dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih, bahkan bisa dikatakan mengarah ke kendaraan otonom, karena sistem pengendaliannya yang sudah otomatis.

Pengujian fitur Resersing Assistant

"The All-New BMW Seri 3 menggunakan pilihan sistem inovatif yang diperluas secara signifikan untuk menyempurnakan keselamatan pengendara dan menyambut trend kendaraan otonom," jelas Jodie.

Selain untuk hiburan, fitur canggih yang diusung seri 3 terbaru ini juga meliputi sistem keselamatan pengendara dan penumpang. Sebut saja Lane Departure Warning dengan Collision dan Pedestrian Warning dengan City Braking function, pada versi terbaru yang terpasang bahkan sudah mendeteksi kedatangan pesepeda.

Fitur-fitur tadi termasuk dalam piranti keselamatan aktif. Lalu ada Park Distance Control dan kamera tampak belakang membantu pengemudi melakukan manuver dan memasuki atau keluar dari tempat parkir.

Proses parkir yang lebih mudah juga hadir dengan adanya Park Assist, yang akan mengambil alih kemudi, akselerasi, pengereman, dan perubahan gigi dengan transmisi Steptronic saat masuk dan keluar slot parkir pararel dan lateral.

Lalu ada fitur Reversing Assistant. Teknologi ini berhasil menyita perhatian KabarOto, karena keunikannya. Jadi, sistem ini dapat menyimpan manuver kendaraan hingga jarak hingga 50 meter sebelumnya.

Hanya dengan sekali sentuhan

Penjelasannya, bisa saat sedang melaju di parkiran atau jalan sempit, lantas di depan ada rintangan yang memaksa pengemudi untuk berjalan mundur kebelakang, sistem itu akan mengarahkan kendaraan mundur di sepanjang garis yang persis sama dengan yang baru saja diambil ketika bergerak maju.

Baca Juga: Selain All New Seri 3, Total 20 Kendaraan BMW Mejeng Di GIIAS 2019

KabarOto pun sempat merasakan sensasi berkendaran menggunakan fitur tersebut. Apa yang dilakukan ketikan berjalan mundur, persis sama dengan jalur yang dilalui ketika bergerak maju sebelumnya. Padahal lintasan yang diambil memiliki banyak belokan.

"Kalau mau mundur tinggal pencet menu reserve dilayar monitor saja, setelah itu biarkan mobil untuk mundur sendiri. Namun tetap harus dibantu menginjak rem dan jaga kecepatan jangan lebih dari 5 kpj," jelas Garry Nasution salah seorang Trainer yang mendampingi KabarOto. Canggih ya!