POPULAR STORIES

Ford Mustang GT3 Siap Hadapi 24 Hours Of Le Mans 2024

Ford Mustang GT3 Siap Hadapi 24 Hours of Le Mans 2024 Foto: Ford

KabarOto.com - Mobil sport asal Amerika Serikat akan bersaing dalam balapan ketahanan ikonik di dunia, Ford Mustang GT3 adalah penantang yang akan berlaga di 24 Hours of Le Mans pada 2024.

Mobil balap Ford Mustang GT3, mengambil basis Mustang Dark Horse 2024, akan diluncurkan ke dunia balap pada perayaan 100 tahun menjelang 24 Jam Le Mans. Memiliki tampilan baru yang berani dan penuh warna garapan Troy Lee, yang diakui sebagai salah satu desainer olahraga motor terkemuka di dunia. Mustang GT3 yang legendaris mewakili kolaborasi pertama Lee dengan mobil balap Ford.

Dengan pengungkapan tersebut, Ford secara resmi memasukkan Mustang ke dalam kategori global FIA GT3. Kemenangan terakhir Ford di 24 Hours of Le Mans adalah pada tahun 2016 dengan Ford GT.

Baca juga: Ford Mustang RTR Spec 2 Upgrade Tampilan Dan Performa

Tampilan baru yang berani dan penuh warna garapan Troy Lee

"Ford dan Le Mans disatukan oleh sejarah. Dan sekarang kita kembali ke balapan paling dramatis, paling berharga, dan paling penting di dunia. Ini bukan lagi Ford versus Ferrari. Ini Ford versus semua orang. Kembali ke Le Mans adalah awal dari membangun bisnis olahraga motor global dengan Mustang, seperti yang kami lakukan dengan Bronco dan Raptor off-road," ujar Jim Farley, CEO Ford Motor Company.

Bertepatan dengan peresmian, Ford juga mengungkapkan branding Ford Performance global yang baru dengan tampilan yang lebih bersih dan disederhanakan yang kini akan ditampilkan di semua kendaraan balapnya.

Identitas baru yang ekspresif dan menarik ini akan membantu memposisikan Ford Performance sebagai merek gaya hidup yang menonjol dengan pola pikir olahraga. Merek Performa Ford yang baru lebih mudah diintegrasikan di berbagai lingkungan dan ruang, termasuk livery mobil, barang dagangan/pakaian, aset pajangan, suku cadang/aksesori, dan dalam iklan.

Ford Performance memperluas hubungannya dengan dua mitra lama di Multimatic dan M-Sport sebagai dasar dari proyek ini. Multimatic, pembuat Ford GT yang ikonik, terlibat dalam program balapan Ford GT dan akan membantu membangun dan mendukung Mustang GT3s, sementara mitra Kejuaraan Reli Dunia lama dan tim pemenang kejuaraan dua kali M-Sport akan merakit Ford Performance untuk mengembangkan mesin V8 berkapasitas 5.400 cc.

"Untuk proyek seperti Mustang GT3, kami beralih ke dua mitra paling tepercaya kami di dunia olahraga motor untuk membantu menyatukan kendaraan dan program ini. Saya tahu kita semua akan sama senangnya dengan penggemar Ford saat Mustang mulai balapan di level tertinggi balap GT pada 2024," kata Mark Rushbrook, Global Director, Ford Performance Motorsports.

Mobil balap Ford Mustang GT3 memiliki fitur suspensi lengan pendek yang dipesan lebih dahulu, gearbox transaxle yang dipasang di belakang, panel bodi serat karbon, serta paket aero unik yang dikembangkan untuk memenuhi target GT3.

Baca juga: Produksi Ford Mustang Terbaru Terhenti Sementara, Ini Penyebabnya

Mesin V8 garapan Ford Performance

Sebelum ikut ambil bagian di Le Mans pada 2024, Mustang GT3 akan berkompetisi di berbagai seri GT3 di seluruh dunia di tangan tim pelanggan atau perorangan.

Tim pelanggan pertama adalah Proton Competition. Berbasis di Ehingen, Jerman, Proton berniat mengkampanyekan sepasang Mustang GT3 di Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA, mulai 2024.

"Ini adalah program yang sangat penting dan momen yang menyenangkan bagi organisasi kami. Mustang adalah merek yang hebat dan ini merupakan langkah penting bagi tim. Kami berharap dapat bergabung dengan Ford mulai 2024," pungkas kepala tim Proton Competition, Christian Ried.

Ford Performance juga akan menampilkan program balap pabrik dua mobil dengan Ford Mustang GT3 di kelas GTD Pro IMSA. Ini akan dikelola oleh Multimatic Motorsports dan dimulai pada Rolex 24 2024 di Daytona.