Ford Mustang Shelby GT500 Menggendong Mesin Besar

Ford Mustang Shelby GT500 Menggendong Mesin Besar

KabarOto.com – Salah satu mobil dengan performa tinggi yang legal untuk jalan raya, yaitu 2020 Mustang Shelby GT500. Automaker berlogo biru oval ini konfirmasi GT500 terbaru memakai mesin 5.200 cc supercharged V8.

Dilansir dari netcarshow.com, dari mesin besar tersebut dapat menghasilkan 760 dk dan torsi 847 Nm, Ford berhasil membuat mobil dengan tenaga besar dan legal untuk jalan raya. Dari hasil pengetesan 0-100 kpj tuntas dalam 3.5 detik saja, selain itu untuk mencapai seperempat mil kurang dari 11 detik, dan untuk top speed 258 kpj tentu dengan speed limiter.

Selain mesin bertenaga besar V8, performa ini disalurkan ke transmisi kopling ganda 7 percepatan. Ford berkolaborasi dengan Tremec, dari hasil kerja sama ini menghasilkan perpindahan gigi super cepat terutama saat memakai sport mode, girboks akan mengganti gigi secepat 80 milidetik. Ford mengklaim transmisi kopling ganda buatan tremec ini lebih cepat dari transmisi manual, transmisi ini memiliki lima drive mode, termasuk normal, weather, sport, drag dan track.

Baca juga: Ford Mustang High Performance Package 2020, Siap Meluncur di Australia

“Dengan tenaga setara supercar, membuat Mustang generasi ke enam ini bisa menandingi mobil sekelas eksotik,” ungkap Hermann Salenbauch selaku global director Ford Performance vehicle programs.

“Untuk sebuah Mustang, harus tercapai dan mengakali beratnya mobil ini. Sekarang kita memiliki standar baru untuk mobil Amerika Serikat dengan mesin V8 paling bertenaga dan legal untuk jalan raya. Dengan penambahan fitur perpindahan girboks tercepat di Mustang untuk mengejar perpindahan transmisi yang presisi dan kecepatan,” tambahnya.

Seperti Shelby GT350, penggunaan aluminum alloy block wire-arc cylinder liners and high-flow aluminum cylinder heads berutujuan untuk penggurangan berat. Ditambah batang piston lebih besar, penggunaan oli dan cairan pendingin khusus. Selain itu bak oli di perkuat, dan fitur sistem baffle aktif untuk mengatur oli yang dibutuhkan oleh mesin.

Ford juga menambahkan GT500 2020 ini dapat melakukan pengereman dari kecepatan 161-0 kpj hanya membutuhkan waktu 10.6 detik saja. Hasil ini berkat penggunaan ban performa tinggi dari Michelin dan Brembo yang sudah di bekerja sama dengan Ford Performance.

Ford Mustang Shelby GT500 sudah mendapatkan perbaikan di suspensi, electric power steering baru dan penggunaan coil spring depan dan belakang yang lebih ringan. Ford menyebutnya sebagai Next-generation active MagneRide suspension, bersamaan dengan teknologi drive mode canggih terbaru dari Ford Performance alhasil akselerasi, performa dan pengendalian dari sebuah Mustang menjadi lebih baik.

Baca juga: Bukan V8, Ford Mustang Ini Justru Dijejali Mesin Listrik dengan Torsi 1.200 Nm

Mobil ini menggunakan ban Michelin Pilot Sport 4S dan lebih agresif dari Pilot Sport Cup 2, fitur utama ban ini pada bagian compound dan alur yang unik. Dari hasil tes pengereman yang bagus berkat penggunaan kaliper rem Brembo enam piston berukuran 420 mm.

Beralih ke Interior, Ford Mustang Shelby GT500 menggunakan bahan premium. Sentuhan premium ini termasuk penggunaan carbon fiber pada instrumen panel dan pada panel pintu disematkan Dark Slate Miko dengan jahitan asli. Penggunaan jok Recaro Racing dengan penyangga sisi yang kuat untuk meningkatkan safety.

Shelby GT500 menggunakan 12 inci full-color LCD instrument cluster, dengan 12 speaker performa tinggi dari B&O Play premium audio. Untuk headunit menggunakan sistem Ford Sync 3 terbaru berukuran 8 inci dengan fitur SiriusXM dan FordPass Connect.

Ada 3 pilihan warna terbaru yaitu Red Hot, Twister Orange dan Iconic Silver. Livery garis tersedia untuk All-new Shelby GT500. Bicara soal harga mobil ini dibanderol seharga US$ 74,000 atau sekitar Rp 1,051 miliar.

Jadi bagaimana menurut Sobat KabarOto dengan mobil pony dengan tenaga besar ini? (Rizky Hidayat)