Ford Mustang High Performance Package 2020, Siap Meluncur Di Australia

Ford Mustang High Performance Package 2020, Siap Meluncur di Australia Foto: Ford

KabarOto.com – Ford Mustang, sebagai salah satu muscle car yang banyak terlihat di jalanan Tanah Air, telah mengkonfirmasi akan meluncurkan Mustang High Performance Package untuk varian EcoBoost di Australia, dengan tenaga lebih besar dari mesin 4 silinder turbocharged.

Tipe ini dibuat untuk merayakan legenda mobil yang biasa disebut Pony Car’s ke 55 tahun. Mesin 2.300 cc High Performance Package ini sebagai entry-level Mustang EcoBoost. Tujuannya membuat mobil sport bermesin 4 silinder dengan tenaga terbesar. Jadi High Performance Package ini untuk upgrade mesin dan handling, sama seperti varian Mustang GT Performance Package.

Baca juga: Restorasi Mustang Fastback Eleanor 1967 - Demi Keabsahan Surat

Untuk pasar Australia sendiri, varian yang paling laku yaitu Mustang GT V8, mendominasi 80% dari semua varian yang tersedia. Ford berharap varian High Performance bermesin 4 silinder akan lebih kuat penjualannya.

Dilansir dari CarAdvice.com, “Dengan penampilan yang berbeda, penambahan tenaga mesin dan pilihan warna berbeda, varian turbocharged ini akan memberi warna baru pada line-up,” ungkap Kay Hart selaku Managing Director Ford Australia.

Tenaga besar ini berkat mesin turbocharger twin-scroll 63mm dari Ford Focus RS Limited Edition. Yup, Mustang ini menggunakan mesin dari Focus RS. Tapi radiator dan mesin mendapatkan tuning lagi, agar sesuai dengan karakter Mustang. Tenaga yang dihasilkan mencapai 316 dk dan torsi 448 Nm. Dibandingkan mesin EcoBoost, tenaga ini lebih besar 16 dk dan torsi 7 Nm.

Baca juga: Menilik Kemegahan Ford F1 1948, Proyek Istimewa G Speed Indonesia

Tenaga ini akan keluar mulai dari 2.500 rpm hingga 5.300 rpm. Teknisi Ford mengatakan, revisi pada mesin ini membuat kuda poni ber-turbo ini terasa lebih ‘nendang’. Ditambah rasio gigi yang lebih pendek dari Mustang. Misal pada transmisi manual sebelumnya (3.55:1) menjadi (3.31:1), dan varian otomatis masih memakai girboks 10 percepatan. Dari perubahan ini, hasil tes menunjukan akselerasi 0-100 kpj tuntas dalam waktu kurang dari 5,0 detik.

Selain perubahan mesin, ada lagi nih yang ditambah. Seperti knalpot sporty, rem dari Brembo berwarna merah dengan 4 piston, perubahan pada diferensial belakang dan improvement pada setir. Selain itu, sasis menggunakan 32 mm anti-roll bar up untuk bagian depan dan 24 mm bagian belakang.

Baca juga: Ford GT40 Replika Le Mans 1969 Diproduksi Kembali

Interior juga ikut berubah, Ford menyebutnya lebih premium dengan menggunakan material tactile yang bikin terasa lebih mewah. Jok sudah menggunakan kulit sebagai standar, dan terdapat opsi Recaro sport seat.

Fitur standar termasuk 12,4 inci instrumen digital yang bisa Anda kustomisasi, sementara indikator tekanan oli dan turbo boost terletak pada tengah dasbor. Head unit 8 incinya sudah menggunakan sistem Ford SYNC 3 terbaru, sudah support Apple CarPlay dan Android Auto. Fitur lain standar lainnya termasuk autonomus emergency braking, lane keep assist and adaptive cruise control.

Ford Mustang sendiri sangat populer di Australia. Menurut data dari motoring.com, varian ini sudah terjual 2.442 unit selama 6 bulan pertama tahun 2019. Walau angkanya sedikit menurun 16% dibanding tahun sebelumnya, yang mencapai 2.920 unit. Bicara soal line-up dan harga, di Australia saat ini terdapat 5 pilihan yaitu:

  • 2.3 EcoBoost Fasback manual – AUD $49.990 (Rp 477 jutaan)
  • 2.3 EcoBoost Convertible Auto – AUD $59.490 (Rp 567 jutaan)
  • 5.0 GT Fastback manual – AUD $63.290 (Rp 604 jutaan)
  • 5.0 BULLITT manual – AUD $73.688 (Rp 703 jutaan)
  • 5.0 GT Convertible auto – AUD $74.728 (Rp 713 jutaan)

Rencananya Ford Mustang 2.300 cc High Performance akan mulai dijual Febuari 2020. Soal harga paket upgrade ini, Ford masih merahasiakannya nih. Tapi yang pasti, importir di Indonesia enggak akan butuh waktu lama untuk memasukkannya ke Tanah Air. (Rizky Hidayat)