Ford GT40 Replika Le Mans 1969 Diproduksi Kembali  

Ford GT40 Replika Le Mans 1969 Diproduksi Kembali   Foto: Superformance

KabarOto.com - Pada tahun 1969, dua orang pembalap yaitu Jacky Ickx dan Jackie Oliver berhasil memenangkan balap Le Mans 24 Jam. Saat itu mereka pakai Ford GT40. Kini mobil tersebut dibuat replikanya oleh Superformance, rumah modifikasi asal Amerika Serikat.

Mobil dengan basis Ford GT40 ini dibangun sangat rapi dan presisi oleh Superformance. Pakai livery dari Gulf, seperti mobil balap aslinya yang khas dan legendaris. Perpaduan warna biru muda dengan oranye.

Berhubung ini adalah replika dari balap Le Mans, maka aksesori yang disematkan jamak ditemui pada balapan Le Mans. Seperti lampu depan menggunakan mika yang dibaut ke bodi. Juga lampu kabutnya pakai model serupa. Pada kap depan juga terdapat lubang berukuran cukup besar, untuk mengalirkan udara ke radiator balap yang terletak di depan.

Bagian samping juga terlihat menarik dan kekar. Menjadi menarik karena detail-detail seperti angka 6 dibuat menyerupai versi aslinya. Kacanya sudah menggunakan ala mobil balap, yang permanen dan tidak dapat naik turun. Selain itu juga terdapat air scoop yang berfungsi mengalirkan udara ke mesin.

Baca juga: Kece Berat! Hyundai Pajang Kona Yang Sudah Dimodifikasi

Pelek menggunakan 15 inci untuk di depan dan belakang. Pelek ini menggunakan perpaduan warna merah untuk palangnya dan krom untuk list-nya. Yang juga menarik adalah bannya, menggunakan gaya muscle car Amerika. Ban belakangnya lebih lebar dari ban depan. Bagian depan menggunakan ukuran 10,5 x 23 ring 15 dan belakang menggunakan ukuran 14 x 27 ring 15.

Belakangnya juga dibangun dengan spesifikasi balap. Kap mesin sudah menggunakan pengunci pin. Lalu terdapat detail berupa angka 6 dan lubang-lubang udara. Lampu belakangnya masih menggunakan bentuk bulat dan menyatu dengan lampu sein.

Baca juga: Meski Simpel, Modifikasi Mercedes-Benz S213 Di Indonesia Ini Hasilkan Konsep Berkelas

Masuk ke interior pun serasa kembali ke masa lalu. Kabin ini dibuat sangat detail oleh Superformance, lengkap dengan berbagai tuas khas mobil balap. Setir menggunakan merek Motolita, yang bentuknya minimalis.

Selain itu instrument cluster juga dibuat lengkap dengan berbagai indikator kerja mesin. Desain jok pun mirip dengan mobil balap aslinya. Kursi ini dibalut Alcantara dengan aksen rivet berwarna emas. Oh iya, mobil ini ditawarkan dalam konfigurasi setir kanan.

Baca juga: Profil - Mercedes-Benz AMG G63

Hal lain yang menarik adalah mesinnya. Mobil yang dijual oleh Superformance belum termasuk mesin dan transmisi. Jadi pelanggan yang ingin memiliki mobil ini harus membeli mesinnya secara terpisah. Dilansir dari Superformance.com mesin yang direkomendasikan untuk mobil ini adalah berbasis Ford, yaitu 289, 302 atau 351W small block. Mesin tersebut berkonfigurasi V8 dengan output yang berkisar di rentang 250 dk hingga 300 dk.

Mobil yang mendapat sertifikasi dari FIA ini dibanderol Eur 336.000 di Inggris, atau jika dikonversikan sekitar Rp 5,4 miliar. Dilansir dari topgear, jika Anda membeli mobil ini, Anda akan mendapat plakat dengan nama 25 orang berperan penting dalam kesuksesan mobil ini, dan sebuah gitar.

Bagaimana, tertarik memiliki replika mobil balap legendaris ini? (Gregorius Nikolaus.P)