Formula 1 Kehilangan Sosok Sir Frank Williams, Melahirkan 7 Juara Dunia F1

Formula 1 Kehilangan Sosok Sir Frank Williams, Melahirkan 7 Juara Dunia F1 Foto: Formula 1

KabarOto.com - Sir Frank Williams, Kepala Tim Formula 1 terlama yang pernah ada, meninggal dunia pada usia 79 tahun. Ia menjabat selama 50 tahun sebagai bos tim F1 pada 2019, memulai karir di F1 sejak 1977.

Mantan lembalap asal Inggris dan keluarganya, termasuk putrinya Claire yang menjalankan tim sejak 2013, meninggalkan F1 awal tahun ini setelah mereka menjual tim ke perusahaan investasi Dorilton Capital akibat krisis finansial.

Frank Williams menjadikan Williams sebagai tim terkemuka pada era 1990-an, bersama McLaren dan Ferrari. Ia sangat menaruh hormat kepada Patrick Head, bergabung sejak 1977 dan bersama-sama membangun era keperkasaan tim Williams. Kedatangan Head adalah, seperti yang dikatakan Frank, "penting" karena dia adalah "pria yang sangat pintar dan pekerja keras"

Baca juga: Tim F1 Williams Sudah Laku, Siapa Pemilik Barunya?

Ayrton Senna yang menjadi pembalap favoritnya

Di bawah Sir Frank, tim William meraih kesuksesan pada 1992 hingga 1997. Tim Williams dengan mesin Renault memenangkan lima dari enam gelar konstruktor, memenangkan 113 balapan dalam 18 tahun pertama mereka.

Sir Frank, yang mengalami cedera tulang belakang dalam kecelakaan mobil pada 1986 yang membuatnya tidak dapat berjalan, ia mulai mengurangi beban kerjanya di F1 pada tahun 2012, mengundurkan diri dari dewan di Williams.

Claire mengambil alih sebagai perwakilan keluarga dan kemudian ditunjuk sebagai Wakil Kepala Tim yang mengurus kegiatan tim Williams, namun Sir Frank tetap mempertahankan posisinya sebagai Kepala Tim.

FW14 yang fenomenal saat era Sir Frank Williams

Baca juga: Kisah Williams Yang Akhirnya Bukan Privateer Team Lagi

Dia menghabiskan beberapa waktu di rumah sakit pada 2016, untuk pulih dari pneumonia dan kemudian berhenti dari kegiatan balapan. Sir Frank juga sempat dirawat di rumah sakit pada Desember tahun lalu.

Menyusul berita kematian Sir Frank, sebuah pernyataan dari Williams mengatakan, “Dengan sangat sedih bahwa atas nama keluarga Williams, tim dapat mengkonfirmasi kematian Sir Frank Williams CBE, Pendiri dan Mantan Kepala Tim Williams Racing, pada usia 79 tahun setelah dirawat di rumah sakit pada hari Jumat, Sir Frank, meninggal dengan tenang pagi ini dikelilingi oleh keluarganya.”

Sir Frank sudah melahirkan 7 pembalap F1 menjadi juara dunia

Baca juga: Williams FW14B, Paling Canggih Secara Teknis Dalam Kompetisi F1 1991-1992

“Pagi ini Claire Williams menelepon untuk memberi tahu saya tentang berita menyedihkan bahwa ayah tercintanya, Sir Frank Williams, telah meninggal dunia. Ia adalah raksasa sejati dari F1, mengatasi tantangan paling sulit dalam hidup dan berjuang setiap hari untuk menang di dalam, dan di luar lintasan. Kami telah kehilangan anggota keluarga F1 yang sangat dicintai dan dihormati dan dia akan sangat dirindukan,” ujar Presiden dan CEO F1 Stefano Domenicali.

Sir Frank Williams lahir pada 16 April 1942, di bawah asuhan Sir Frank dan Patric Head, tim Williams F1 telah meraih 7 gelar juara dunia pembalap dan 9 gelar konstruktor selama berkiprah di Formula 1.

Bersama Lewis Hamilton mencoba mobil Mercedes-Benz di sirkuit

Sementara itu, CEO dan Kepala Tim Williams saat ini Jost Capito juga memberikan penghormatan kepada pendiri tim. “Tim Williams Racing benar-benar berduka atas meninggalnya pendiri kami Sir Frank Williams. Ia adalah legenda dan ikon kami, kepergiannya menandai akhir sebuah era tim kami dan olahraga Formula 1,” tutup Capito.