POPULAR STORIES

Kisah Williams Yang Akhirnya Bukan Privateer Team Lagi

Kisah Williams yang Akhirnya Bukan Privateer Team Lagi

KabarOto.com - Bagi pemerhati atau penggemar balapan Formula 1, pasti mengenal bagaimana tim Williams F1 pada era 1980-an merupakan tim dengan performa yang menjanjikan. Hingga memasuki era 1990-an menjadi kejayaan dari tim Williams.

Adalah Frank Williams, pria kelahiran 16 April 1942 yang memulai tim Williams pada 1977. Sebelumnya tim tersebut memiliki nama Frank Williams Racing Cars (FWRC) pada 1976. Kepemilikan FWRC adalah merupakan kerjasama dengan Walter Wolf, seorang jutawan asal Kanada. Karena kurang memberikan prestasi dan tidak kompetitif, pada 1977 akhirnya Frank Williams hengkang.

Aset tim dikuasai oleh Walter Wolf, dan Frank Williams membangun tim dengan nama Williams Grand Prix Engineering. Berduet dengan insinyur muda kala itu yakni Patrick Head, membangun tim yang akhirnya menjadi merek dagang yakni Williams Racing.

Baca juga: Williams FW14B, Paling Canggih Secara Teknis Dalam Kompetisi F1 1991-1992

FW07 rancangan Patrick Head, saat berlaga di balapan F1 musim 1979

Mengikuti perkembangan kompetisi F1, tim Williams beberapa kali melakukan pengembangan pada mobilnya. Mesin yang digunakan berganti mulai dari Honda, Renault, BMW, Supertec, Cosworth, Toyota dan Mercedes-Benz.

Williams memperoleh masa kejayaan pada era 1980-an hingga 1990-an, hingga akhirnya Williams disejajarkan sebagai tim raksasa F1 bersama tim Ferrari, McLaren, Lotus dan Benetton. Mereka merupakan tim yang memiliki kontribusi dalam perkembangan dunia balap F1.

Bahkan Williams bersama Ferrari dan McLaren dijuluki sebagai tim tiga besar F1, karena seringnya meraih kemenangan saat balapan maupun titel juara dunia pembalapnya. Kemudian memasuki era 1990, Williams mulai berbenah lagi setelah 3 pembalapnya menyumbangkan titel juara dunia pada kurun waktu 1980-1990, yakni Alan Jones (1980), Keke Rosberg (1982) dan Nelson Piquet (1987).

Baca juga: Tim F1 Williams Sudah Laku, Siapa Pemilik Barunya?

FW14B menjadi salah satu rancangan Newey yang spektakuler

Era 1990, William merekrut desainer andal Adrian Newey. Ia adalah ahli aerodinamika mobil F1 asal Inggris. Sampai saat ini, Newey adalah salah satu insinyur tersukses di Formula 1. Merancang mobil fenomenal FW14B, kala itu mengadopsi teknologi suspensi aktif. Menjadikan FW14B paling canggih secara teknis di eranya.