POPULAR STORIES

Formula E Akan Merubah Format Kualifikasi

Formula E Akan Merubah Format Kualifikasi Suasana balap formula E (foto:fiaformulae.com)

Tidak seperti balap mobil lainnya yang melakukan sesi kualifikasi dengan mengizinkan seluruh pebalap untuk mencatat waktu tercepat dalam beberapa sesi, musim kedua balap mobil listrik Formula E kini sedang membuat format kualifikasi baru yang mengelompokkan 5 pebalap tercepat dalam sesi khusus yang diberi nama 'Super Pole'. 

Berdasarkan perubahan format kualifikasi Formula E, para pebalap dikelompokkan dalam 4 grup dengan cara penarikan lotere. Namun waktu sesi kelompok tersebut akan diperpendek menjadi 6 menit yang berarti pebalap akan membatasi tenaga mobil untuk melakukan lap pemanasan saat keluar pit sebesar 170 kW dan flying lap sebesar 200 kW. Kemudian 5 pebalap tercepat dari 4 grup tadi akan mendapatkan kesempatan meraih pole di sesi baru yang dinamai Super Pole. Pada sesi Super Pole, pebalap tercepat dari yang tercepat akan memperoleh kesempatan keluar pit pertama. Pada saat pebalap pertama tersebut melakukan flying lap, pit dibuka untuk membolehkan 1 pebalap tercepat lainnya melakukan kualifikasi secara berurutan dalam kerangka waktu yang tersedia. Bagi peraih pole position tetap akan mendapatkan 3 angka seperti pada sesi kualifikasi Formula E musim pertama. 

Sesi Super Pole bertujuan untuk mendapatkan 5 pebalap tercepat dalam sesi kualifikasi tersendiri, sedangkan posisi start ke 6 hingga 20 ditetapkan berdasarkan waktu yang tercatat pada sesi kualifikasi kelompok. CEO Formula E, Alejandro Agag memberikan alasannya untuk membuat sesi kualifikasi Super Pole ini agar balapan Formula E tak kalah seru dan menegangkan layaknya kelas balap lain juga memberikan kesan baru sesuai nama sesi tersebut - 'Super'. Hingga saat ini, format kualifikasi 'Super Pole' ini masih dalam pembahasan oleh Dewan Olahraga FIA dan keputusan perubahan format tersebut direncanakan akan segera diumumkan sebelum musim balap Formula E kedua di Beijing dimulai tanggal 24 Oktober mendatang.

Baca juga: