Forum Oto Ranah Minang Resmi Beranggotakan 100 Klub

Forum Oto Ranah Minang Resmi Beranggotakan 100 Klub

KabarOto.com - Komunitas otomotif rata-rata punya visi dan misi yang sama, nah dari kesamaan tersebut, tak heran jika mereka pun sering berbaur satu dengan lainnya.

Seperti yang terjadi di Sumatera Barat, terbentuk Forum Oto Ranah Minang atau disingkat FORM. "Ini merupakan sebuah wadah silaturahmi, edukasi dan promosi. FORM berkomitmen menjadi wadah yang bermanfaat bagi klub dan komunitas lainnya," terang Albert Kapoyos, Ketum FORM yang biasa dipanggil Awe.

Dijelaskan Awe, adanya FORM bukan berarti membawahi klub dan komunitas di dalamnya. "FORM sebagai tempat klub dan komunitas, khususnya di Sumbar bersatu dan menjalin silaturahmi sekaligus menyatukan mindset, serta fokus dengan kegiatan sosial, termasuk sebagai Pelopor Tertib Lalulintas dan memajukan pariwisata daerah," beber Awe.

Salah satunya yaitu ingin merubah image klub otomotif yang dulunya dipandang sebelah mata karena dianggap ugal-ugalan di jalanan, kini agar konsen kepada kegiatan positif dan bermanfaat. Ternyata direspons positif klub yang ada di Ranah Minang. Buktinya, saat ini telah gabung 112 klub dan komunitas. Angka yang fantastis, apalagi FORM baru terbentuk dan deklarasi.

Baca Juga: Setelah Putus Selama Sepekan, Jalur Utama Padang-Bukittinggi Dapat Dilewati Kembali

"Tidak ada syarat khusus, kami hanya minta komitmen untuk siap saling support setiap kegiatan FORM, khususnya saling peduli terhadap sesama klub dan lintas klub," jelas Awe.

Bahkan FORM telah memiliki Koordinator Wilayah (Korwil) di Kabupaten dan Kota di Sumbar. Korwil yang sudah resmi antara lain, Kota Solok, Kabupaten Solok, Sawahlunto Sijunjung, Dharmasraya, Padang Panjang, Bukittinggi, Agam, Payakumbuh dan 50 Kota.

Total tercatat lebih dari 2000 members. Belum termasuk keluarga dari anggota. Disinilah diharapkan silaturahmi terjalin. "Sehingga kita akan selalu merasa aman dan nyaman memiliki banyak kenalan yang dianggap seperti saudara," urai Awe.

Tak hanya itu, menurutnya FORM juga berguna sebagai wadah edukasi. Setiap kegiatan klub harus diisi dengan edukasinya. Intinya harus ada manfaat yang bisa diambil, tak hanya sekedar kumpul dan nongkrong.

Misalkan, saat Deklarasi FORM diundang Narasumber dari Jasa Raharja untuk sosialisasi. "Ternyata banyak informasi yang tidak diketahui selama ini, seperti bagaimana cara mengurus klaim asuransi ketika mengalami kecelakaan," pungkas Awe.