Foxconn Investasikan Rp43 Triliun Untuk Mobil Listrik

Foxconn Investasikan Rp43 Triliun Untuk Mobil Listrik

KabarOto.com – Foxconn Technology Group merambah industri otomotif, khususnya kendaraan elektrifikasi di Thailand dengan memproduksi perangkat lunak dan perangkat keras untuk kebutuhan produksi mobil listrik.

Kabarnya, perusahaan elektronik asal Taiwan ini akan menginvestasikan Rp 14,25 triliun untuk tahap pertama. Kemudian Rp 28,5 triliun untuk tahap selanjutnya.

Baca juga: Ini Daftar Mobil Listrik Yang Dijual Di Amerika Serikat Untuk Tahun 2021

Sementara itu, Pemerintah Thailand memprioritaskan kendaraan listrik sekaligus mempertahankan kepemimpinan negara dalam manufaktur dan ekspor otomotif. Selain itu, kendaraan listrik sendiri akan mengurangi emisi gas buang di Thailand.

Sebagai informasi, Thailand menjadi pusat produksi bagi beberapa pabrikan mobil seperti Toyota Motor Corp dan BMW AG. Masuknya Foxconn ke segmen kendaraan elektrifikasi, bertujuan untuk memberikan banyak pilihan di sektor mobil listrik di dunia.

Baca juga: Biaya Perawatan Mobil Listrik Lebih Mahal 2 Kali Lipat Dibandingkan Mobil Bermesin Bensin?

Sebelumnya, Foxconn telah menjalin kerjasama dengan Tiongkok Byton Ltd. Dan Fisker Inc. yang berbasis di Amerika Serikat untuk memproduksi Jeep Stellantis NV untuk mengembangkan kokpit mobil digital.

Foxconn sendiri menjadi pemasok untuk Iphone, untuk memproduksi mobil Apple dengan menawarkan platform mobil listrik ke pabrikan mobil di Thailand dan kawasan Asia Tenggara.