POPULAR STORIES

Francesco Bagnaia Ungkap Masalah Ban Harus Menjadi Prioritas

Francesco Bagnaia Ungkap Masalah Ban Harus Menjadi Prioritas

KabarOto.com – Pembalap anyar Ducati, Francesco Bagnaia sudah menganalisis kelemahan motor yang ditungganginya di MotoGP 2020 lalu.

Menurut data yang didapatkan, ia menemukan solusi untuk meningkatkan kinerja ban depan terutama saat kondisi temperatur rendah. Bagnaia bersama Pramac Racing mengalami berbagai kendala. Hampir naik podium di GP Andalusia tetapi pada akhirnya menyerah karena masalah pada mesin. Hal serupa juga terjadi di GP Emilia Romagna yang digelar di Misano. Pekan sebelumnya, disirkuit yang sama, ia menjadi runner-up.

Baca juga: Tim Red Bull KTM MotoGP 2021 Resmi Meluncur, Tech3 Ganti Livery

Dari pengalaman yang buruk itu, Pecco dan mekaniknya pun mempelajari data dan mencari cara untuk menghindari masalah serupa terulang.

Francesco Bagnaia kecelakaan di MotoGP Emilia Romagna 2020

“Ketika kami menemukan temperatur tinggi, saya selalu cepat dan kompetitif. Tetapi sebaliknya, saat kami mendapati suhu rendah, seperti di Aragon, saya kesulitan, terutama di ban depan yang membuat saya terjatuh,” ungkap Francesco Bagnaia.

Menjadi rekan setim Jack Miller, dinilai sebagai sebuah keuntungan oleh Bagnaia. Sebab pembalap asal Australia itu tidak mengalami masalah sepertii yang dialami oleh Pecco.

“Saya beruntung satu tim bersama Jack, karena dia sangat cepat dalam kondisi-kondisi seperti ini dan dia bisa menolong saya memahami jalan yang tepat untuk diikuti. Saya tahu kalau saya harus lebih cepat walaupun tidak punya feeling di bagian ban,” lanjut Pecco.

Selain ban, motor Pecco juga mengalami masalah mesin

Pembalap nomor 63 ini menegaskan bahwa dirinya tidak bisa tampiil apik jika tidak mendapatkan feeling ban depan. Padahal, pembalap lainnya malah mengeluhkan ban belakang yang menjadi masalah utama.

Baca juga: Buat Yang Penasaran Ducati Desmosedici GP21

“Ketika saya mengamati data Jack Miller musim lalu, hal pertama yang menonjol adalah dia bisa cepat sejak putaran pertama sedangkan saya tidak. Dalam hal ini, temperatur ban depan saya turun dan bagi saya mustahil untuk mengembalikannya ke keadaan yang tepat. Seandainya saya dapat mengontrol situasi ini, akan mempermudah saya saat balapan,” tutup Bagnaia.

Sebelum menjalani musim 2021, Bagnaia telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi GP 2021. Selain melihat data serta rekaman video balapan musim lalu, Ia juga latihan menggunakan motorcross di ranch milik Valentino Rossi.