POPULAR STORIES

Fugu Z, Si Datsun 240Z Garapan Sung Kang

Fugu Z, Si Datsun 240Z Garapan Sung Kang Fugu Z, Si Datsun 240Z (Sumber: Instagram @sungkangsta)

KabarOto.com – Nama Sung Kang atau yang kita lebih kenal dalam perannya sebagai Han pada serial Fast And Furious, ternyata tidak hanya pura-pura jadi otomotif antusias di layar lebar loh.

Kecintaannya dalam dunia otomotif sebenarnya tertuang juga di kehidupan pribadinya, khususnya mobil modifikasi. Salah satu koleksi paling terkenalnya adalah Fugu Z yang sempat dipamerkan pada ajang SEMA 2015 lalu.

Fugu Z Datsun 240Z
Sumber Foto : Speedhunters.com.

Fugu Z sendiri berbasis dari sebuah Datsun 240Z lansiran tahun 1972. Mobil tersebut dibuat berdasarkan ide dari beberapa teman demi menyalurkan semangat mereka pada mobil. Setelah beberapa tahun 240Z ini ngejogrok di bengkel akhirnya dihidupkan kembali.

Baca Juga : Sung Kang Dan Jordana Brewster Kembali Beraksi Di Fast And Furious 9

Punya gaya JDM, bodi Fugu Z dibalur warna Kilimanjaro White, lalu dipilih body kit Rocket Bunny Pandem sehingga tampilan jauh lebih sporty dan agresif, ciri khas kit garapan Kei Miura tersebut. Serta dipermanis sebuah emblem kustom “Fugu Z” pada sisi belakang.

Fugu Z

Pada bagian kaki-kaki, Sung Kang memilih pelek dari Volk Rays apalagi kalau bukan TE37V SL ukuran 17 inci, lebar 9,5 depan dan 10,5 belakang. Dibalut ban semi slick Nitto NT01 ukuran 235/40 R17 depan, dan 255/40 R17.

Baca Juga : Nostalgia Mobil Ikonik Tunggangan Paul Walker Di Fast And Furious

Datsun 240Z

Lalu karena umur sudah cukup tua, bagian sasis diperkuat kembali oleh Greedy, dan turut ditambahkan roll cage untuk memperkokoh dan menambah nilai keamanan berkendara.

Bagian suspensi menggunakan Techno Toy Tuning coilover demi mempermudah pengaturan tinggi rendahnya ground clearance dan pastinya bantingan lebih asik ketika mobil dipacu pada kecepatan tinggi.

Sebagai penghenti laju kendaraan, digunakan sistem pengereman dari Wilwood pada keempat rodanya.

Mesin RB26DE Fugu Z

Dari sektor mesinnya, Fugu Z dipersenjatai mesin RB26DE yang sudah dimodifikasi oleh Greedy, menggunakan CP Piston, kepala silinder Portflow Design, Supertech valve, individual throttle body custom, pompa bensin Aeromotive, HyTech exhaust system, Koyorad radiator, McKinney engine mounting, fuel rail, cover busi, oil cooler semua dari Greddy. Kinerja mesin tersebut diatur ECU AEM Infiniti.

Bagian transmisi dicangkok dari Skyline RB25 5 percepatan manual, OS Giken twin clutch, flywheel, dan LSD. McKinney Motorsports driveshaft, dan R200 differential.

Fugu Z

Masuk ke interior, walau terkesan trondol dan hanya menyisakan beberapa panel interior, namun Fugu Z terlihat sangat rapi.

Terdapat beberapa bagian menggunakan bahan karbon, seperti penggunaan merek CarbonSignal pada door panel, dan konsol tengah. Jok kustom berlogo Fugu Z, dilengkapi harness Takata, dan panel bawah Greddy.