POPULAR STORIES

Fungsi Hole Saw Untuk Modifikasi Otomotif

Fungsi Hole Saw untuk Modifikasi Otomotif Coakan pada sasis dan blok mesin menggunakan Hole Saw (Ahmad Djainudin)

KabarOto.com - Hole Saw atau bagi sekalian orang mengenalnya dengan sebutan mata bor untuk membuat lubang pada sebuah benda berbahan kayu, plastik dan metal atau logam. Pada umumnya alat ini digunakan para pengerajin kayu dan gerabah untuk membentuk sebuah pola dalam membuat kerajinan tangan. Lalu bagaimana fungsi Hole Saw untuk modifikasi dalam otomotif?.

Baca Juga: Ricky Farel Modified, Bikin Baju dan Modifikasi Motor Berkelas

Bentuknya yang bulat dengan diameter beragam mampu membantu para modifikator membuat pola yang diinginkan, mulai dari bulatan, garis dan bentuk bintang dapat terbantu dengan Hole Saw ini. Bulatan dengan gigi berbentuk mengikuti lingkaran yang dapat disesuaikan penggunanya ini berbahan pelat besi, bahkan ada yang berbahan baja, tergantung fungsinya.

kabarOto
Hole Saw (Ahmad Djainudin)

Seperti halnya Ricky, yang sering memodifikasi roda dua dengan segala keinginan customernya. Mulai dari paint brush sampai mencoak bagian rangka atau sasis dan bodi, bahkan sampai blok mesin dan blok magnet motor yang notebene sulit karena riskan mengalami kerusakan atau pecah.

"Paint brush, dan "coak men-coak" bodi, sasis, dan bagian blok mesin saat ini menjadi satu paket lengkap dalam modifikasi, baik untuk kontes ataupun penggunaan harian. Dan untuk mempermudah proses pencoak-an kita biasa menggunakan Hole Saw, atau mata bor berbentuk bulat dengan berbagai diameter ukuran," kata Ricky sang empunya Ricky Farel Modified di bilangan Kawasan Industri Pulogadung, Rawaterate Jakarta Timur kepada kabarOto Rabu (4/4/2018).

Penggunaan Hole Saw sangat mudah, karena pada umumnya menggunakan alat atau mesin bor portabel yang biasa kita jumpai sehari-hari. Hanya saja masyarakat masih awam dengan nama penyebutannya, yang biasa dikenal dengan alat atau mesin bor pada umumnya.

Hole Saw merupakan rangkaian terpisah layaknya mata bor, yang hanya digunakan ketika hendak membuat sebuah bentuk atau pola pada sebuah media.

kabarOto
Hole Saw dengan berbagai diameter (Ahmad Djainudin)

Fungsi Hole Saw

Hole Saw berbentuk lingkaran terdiri dari sebuah tabung logam baja, yang memiliki batang ekstension atau penyambung. Memiliki gerigi di setiap lingkarannya yang berfungsi membuat lubang dengan titik yang lebih fokus dan berpusat. Dengan bentuk gerigi miring pada dinding silinder untuk memudahkan debu atau hasil coakan keluar.

Hole Saw yang biasa digunakan dengan alat bor portabel umumnya tersedia dalam berbagai ukuran diameter, mulai dari 6 hingga 130 mm (0,24 hingga 5,12 in). Memiliki tangkai yang berbatasan dengan silinder, dan juga kedalaman lubang, yang telah disesuaikan sebagai celah keluarnya kotoran hasil dari kerja Hole Saw tersebut.

Hole Saw biasanya digunakan untuk membuat pola dengan media atau bahan seperti kayu, plastik, plester lunak, dan logam.

kabarOto
Hasil coakan menggunakan Hole Saw (Ahmad Djainudin)

Berita Terkait

Berita Terkait