G-Speed Modifikasi Khusus Mobil Muscle Car Amerika Dan Australia

G-Speed Modifikasi Khusus Mobil Muscle Car Amerika dan Australia bengkel muscle car G-Speed (foto: ist)

Bagi penggemar mobil muscle car yang ingin memodifikasi mesin dan mobil bisa datang ke bengkel modifikasi G-Speed yang berlokasi di Jl. Pangeran Antasari dekat Lippo Mal Kemang dan Jl. Radio Dalam Raya No. 22B Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Bengkel modifikasi milik Galih Laksono dan istrinya Indi khusus memodifikasi mobil muscle car Amerika dan Australia, baik mesin dan mobil mulai dari sasis, modifikasi interior, eksterior dan lainnya. “Tergantung permintaan misalnya ada yang mau pakai air suspension, atau menggunakan ban ukuran besar setengah meter untuk pro touring/ drag dengan power hingga 8200 cc,” terang Indi.

Salah satu muscle car yang dibangun G-Speed adalah Holden Morano HT keluaran tahun 1969 yang pernah memenangkan penghargaan internasional Car Crazy Miguars. Mobil Holden Morano HT seharga US$ 1 juta ini hanya ada 5 mobil di Indonesia. Untuk membangun mobil yang benar menurut Indi tidak semudah yang dipikirkan banyak orang. Seperti membangun mobil dengan tipe mesin 350 dengan 5000 cc, harus dipikirkan dudukan mesin, transfer power dari depan ke belakang mobil, transmisi harus cocok, dan lainnya. “Kita tidak mengerjakan secara asal dan kami sudah berpengalaman selama 30 tahun. Budget yang harus disediakan mulai dari minimal Rp 1 miliar. Harga velg saja seharga mobil Avanza baru,” terang Indi yang sangat menyukai dunia otomotif.

mesin Chevrolet V8 tipe 350 hasil modifikasi G-Speed dan General Motors

G-Speed juga memodifikasi mesin mobil muscle car dengan kapasitas mesin mulai dari 5.000 cc tanpa khawatir mesin akan panas saat dikendarai di jalanan. "Mobil muscle car dari luar negeri tidak bisa langsung dipakai di jalan raya di Indonesia karena akan cepat panas. Maka kita buat mesin Chevrolet V8 tipe 350 seharga Rp 250 juta bekerjasama dengan General Motors, yang sudah dimodifikasi dan siap dimasukkan di mobil muscle car Amerika dan Australia. Ini mesin R&D kita yang menghabiskan dana Rp 1,6 miliar untuk memodifikasinya, dan menjadi cikal bakal mesin-mesin yang lain,” tambah Indi.

G-Speed membangun mobil muscle car bagi mereka yang hobi sebagai sebuah investasi karena valuenya tidak pernah turun. “Seperti mobil klasik Ford keluaran 1948. Mobil dalam bentuk pickup tempo dulu dari harga Rp 265 juta untuk bahannya setelah dibangun harganya sudah di atas Rp 2 miliar. Dana untuk modifikasinya menghabiskan biaya Rp 1,5 miliar dan waktu untuk membangun mobil juga bisa satu tahun lebih. Kita harus impor barang yang membutuhkan waktu dan perlu penyesuaian apalagi kalau customized harus disesuaikan dengan karakter pemakainya. Mobil dengan bentuk klasik ini interiornya sudah modern dilengkapi TV maupun bluetooth," pungkas Indi.