POPULAR STORIES

Gaikindo Akui, Industri Otomotif Indonesia Sudah Swasembada

Gaikindo Akui, Industri Otomotif Indonesia Sudah Swasembada

Kabaroto.com - Industri otomotif Indonesia sudah mulai bangkit dari Pandemik Covid-19. Dukungan dan kebijakan pemerintah mendorong percepatan industri ini tumbuh setelah jatuh hampir satu tahun.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo menuturkan, saat ini industri otomotif sudah swasembada kendaraan bermotor. telah memenuhi kebutuhan domestik, dan untuk pasar ekspor.

Baca Juga: Asyik, Anak-anak Bisa Masuk GIIAS 2021!

"Adanya dukungan pemerintah melalui kebijakan PPnBM ditanggung pemerintah, pencapaian industri otomotif mencatat kenaikan cukup baik," terang Nagoi, dalam pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, di ICE BSD, Tangerang, Kamis (11/11/2021).

Mobil listrik Toyota yang hadir di GIIAS 2021

Kendaraan yang mendapat kebijakan, menurut Nangoi ada 36 model, seluruhnya diproduksi di Indonesia dengan lokal purchase lebih dari 60%. "Kenaikan penjualan domestik naik hingga 68,3%. Kami mohon maaf masih terjadi antrian pemesanan kendaraan," terang Nangoi.

Saat ini Gakindo juga sedang berusaha memenuhi inden. Dia juga mengatakan, angka ekspor CBU meningkat 33,5%. "Industri ini, telah menyerap tenaga kerja 1,5 juta orang, ada di industri pendukung seperti komponen, jasa keuangan, diler, bengkel juga UMKM," tambahnya lagi.

Ke depan Gaikindo dengan dukungan dari pemerintah dan APM, akan terus mendorong perbaikan pencapaian industri otomotif di Indonesia. Untuk diketahui, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), berlangsung di ICE BSD, Tangerang 11-21 November 2021. Event ini diselenggarakan oleh Gaikindo dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga: Begini Cara Ke GIIAS 2021 Dengan Shuttle Bus, Gratis Sob!

Brand otomotif ternama yang ikut dalam event ini di antaranya, Audi, BMW, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini. Selain itu Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling. Kendaraan komersial Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania. Seluruh brand konsisten, pamerkan kendaraan dengan teknologi modern.