POPULAR STORIES

Gaikindo Jakarta Auto Week 2022 Jadi Ajang Peluncuran Mobil Baru

Gaikindo Jakarta Auto Week 2022 jadi Ajang Peluncuran Mobil Baru Kia Carens (Foto:KCH)

Kabaroto.com - Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022 yang digelar di JCC, (12-20/3) menjadi momen penting beberapa Agen Pemegang Merek (APM) memperkenalkan produk terbarunya.

Di GJAW 2022, setidaknya ada 13 merek anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang ikutan. Mulai dari Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Lebih serunya, ada tiga APM memboyong produk yang benar-benar baru dan melakukan peluncuran. Di antaranya Kia Carens, Lexus NX dan MG 5 GT.

MG 5 GT
Selama sembilan hari pameran di JCC, MG Motors Indonesia tak sekadar memajang dua Sport Utility Vehicle andalan, MG ZS dan MG HS. Brand asal Inggris ini juga menampilkan kembali MG 5 GT.

Mengandalkan mesin 4 silinder DOHC segaris 1.498 cc, memiliki tenaga 114 dk dan torsi 150 Nm. Disambung ke transmisi CVT delapan percepatan. Pelek menggunakan model palang lima V spoke dengan warna black polish ukuran 17 inci. Dibalut ban Michelin Primacy 4 ukuran 215/55 R17.

Sistem keamanannya pun cukup lengkap, mulai dari enam airbag, lalu sistem rem ABS dan EBD, serta EBA demi memperkuat rem.

Kia Carens
Diboyong oleh PT Kreta Indo Artha (KIA), Multi Purpose Vehicle (MPV) ini didatangkan dari India masih dalam tahap perkenalan kepada konsumen Tanah Air. Dikemas sebagai kendaraan keluarga tujuh penumpang modern dengan tampilan yang sporty, ruang kabin yang lapang serta berbagai fitur berteknologi tinggi.

KIA menyatakan bahwa konsumen yang berminat, bisa memilih sesuai selera mesin. Adapun untuk mesin bensin adalah Smartstream 1.400 cc andalkan turbocharger. Diklaim mampu kerahkan tenaga hingga 138 dk pada 6.000 rpm dan torsinya 242 Nm pada 1.500 rpm.

Pilihan mesin kedua adalah tipe diesel CRDi memiliki kapasitas silinder 1.500 cc. Disokong pula oleh turbocharger, meski tenaga hanya di angka 113 dk pada 4.000 rpm, namun torsinya mencapai 250 Nm pada 1.500 - 2.750 rpm.

Perihal laju mobil akan tetap agresif gunakan transmisi otomatis 6 percepatan untuk mentransfer performa mesin ke roda depan. Sayangnya, harga masih belum dikonfirmasi, semoga saja bisa di kisaran Rp 350 jutaan.

Lexus NX
Mengangkat tema “The Next Chapter of Intuitive Luxury”, Lexus ikut memamerkan teknologi Hybrid Electric yang diklaim telah menyempurnakan teknologi elektrifikasi miliknya. Lexus mempersembahkan NX Hybrid Electric yang siap meluncur di pasar Indonesia, yakni All New Lexus NX 350h F Sport dan All New NX 350h Luxury.

Adapun versi NX 350h dibekali mesin 4 silinder DOHC berkapasitas 2.500 cc dan synchronous electric motor, mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 240 dk. Transmisinya menggunakan unit eCVT.

Konsumsi BBM Lexus NX hybrid 2022 capai 58 kpl. Sementara baterai listriknya dapat diisi daya memakai pengisian cepat dalam waktu 2,5 jam.