Gaikindo Prediksi Penjualan Mobil Bakal Turun Menjelang Lebaran

Gaikindo Prediksi Penjualan Mobil Bakal Turun Menjelang Lebaran Ilustrasi pameran GJAW 2023 (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Penjualan kendaraan roda empat di Indonesia mengalami pengingkatan pada dua bulan pertama tahun 2023, dibandingkan pencapaian tahun sebelumnya.

Melansir data penjualan Gaikindo, penjualan retail (diler ke konsumen) mobil bulan Februari 2023 mencatatkan angka 83.973 unit. Pencapaian tersebut lebih sedikit dibandingkan bulan Januari, dengan catatan 90.872 unit.

Sekertaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara megungkapkan, bahwa kita ini baru tiga bulan pertama belum selesai, jadi kita akan lihat nanti dari sini ada lebaran. Lebaran ada dua kemungkinan, turun atau naik.

Baca juga: Gaikindo Klaim Pengunjung GJAW 2023 Meningkat Dua Kali Lipat

All New Astra Daihatsu Ayla

"Tapi biasanya terjadi penurunan pembelian. Orang pasti berpikir antara buat mudik dan buat beli mobil. Bisa juga kalau yang duitnya cukup bagus sekaligus bisa dua-duanya, beli mobil untuk mudik. Jadi itu yang masih akan kita lihat proyeksinya seperti apa," ungkap Kukuh saat ditemui di GJAW 2023, Sabtu (18/3).

Kukuh menambahkan peningkatan tahun lalu perlu dilihat dari tiga bulan pertama tahun ini. "Melihat penjualan Januari di 90.000-an unit dan Februari 80.000-an unit, trennya akan meningkat dibandingkan tahun lalu," ungkapnya.

Terkait penjualan dan jajaran mobil listrik yang ditawarkan, Kukuh mengaku tren mobil listrik nampaknya lebih baik.

Baca juga: Ramai Soal Mobil Berbahan Bakar Hidrogen, Begini Cara Kerjanya

Lexus RZ BEV

"Ada indikasi lebih baik ya. Isunya apakah akan bertahan untuk jangka panjang atau tidak. Semuanya tergantung dari konsumen, kalau modelnya banyak, tapi konsumen tidak berminat, tidak bisa juga," jelas Kukuh.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil listrik dan hybrid sepanjang 2022 mencapai 15.437 unit. Tercatat mobil listrik berhasil terjual 10.327 unit tahun lalu.

Sedangkan tahun 2021 hanya berada di angka 685 unit. Dari data tersebut diketahui Wuling Air ev Long Range menjadi yang terlaris dengan angka penjualan 6.859 unit. Varian Standar Range mengukuhkan angka 1.194 unit. Sementara itu, Hyundai Ioniq 5 Signature Extended terjual 1.517 unit.