POPULAR STORIES

Ramai Soal Mobil Berbahan Bakar Hidrogen, Begini Cara Kerjanya

Ramai Soal Mobil Berbahan Bakar Hidrogen, Begini Cara Kerjanya Foto: dan Sumber: Toyota

KabarOto.com - Teknologi terus berkembang, begitu pula dengan industri otomotif yang kini memiliki berbagai alternatif bahan bakar, contohnya hidrogen.

Melansir Global.toyota, cara kerja mesin hidrogen mirip dengan mesin bensin. Hidrogen disemburkan ke ruang bakar dengan sistem injeksi.

Nanti hasil pembakaran yang menggerakkan piston. Meski mirip, mesin internal kombusi dengan bahan bakar hidrogen memiliki berbagai keunggulan.

Sumber tersebut menuliskan, pembakaran dengan hidrogen lebih cepat dari bensin, sehingga mesin bekerja lebih cepat dan dapat memberikan performa lebih responsif. Selain itu mesin ini juga lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Alternatif Mobil Listrik, Ini Daftar Mobil Berbahan Bakar Hidrogen Yang Sudah Dijual

Mesin berbahan bakar hidrogen diklaim tak menghasilkan CO2. Hidrogen termasuk sumber energi yang bisa diubah menjadi energi listrik. Proses untuk mengubah hidrogen menjadi energi listrik biasa disebut sebagai sel bahan bakar hidrogen (fuel cell).

Di dalam proses ini, terjadi reaksi antara oksigen dan hidrogen yang menghasilkan air, dan energi listrik yang menjadi skema cara kerja mobil hidrogen.

Pertama, gas hidrogen dimasukkan ke dalam sel bahan bakar. Dalam sel bahan bakar tersebut, hidrogen akan bereaksi dengan oksigen untuk menghasilkan energi listrik.

Hidrogen tersimpan dalam tangki khusus yang berlapis material komposit untuk memastikan keamanan hidrogen. Reaksi oksigen dan hidrogen ini terjadi dalam elektroda katoda dalam proses elektrolisis.

Baca juga: Toyota Akan Uji Mobil Hidrogen Di Balap Ketahanan 2023

Reaksi hidrogen dan oksigen ini akan menghasilkan ion hidrogen dan elektron, yang mengalir melalui konduktor dan menghasilkan arus listrik dalam sistem kelistrikan mobil.

Emisi dari proses elektrolisis kendaraan hidrogen ini adalah air. Oleh karena itu, kendaraan hidrogen dianggap sebagai salah satu alternatif kendaraan ramah lingkungan.

Energi listrik tersebut bisa disimpan di dalam baterai atau langsung digunakan. Sistem pada kendaraan hidrogen relatif sederhana dan membuat perawatannya mudah, sehingga biaya operasionalnya relatif rendah.