GAIKINDO Resmi Keluarkan Mercedes-Benz dari Keanggotaan

Bimo Hariyadi
Bimo Hariyadi 19 Feb 2018 - 15:02
GAIKINDO Resmi Keluarkan Mercedes-Benz dari Keanggotaan

KabarOto.com - Tidak bertemunya kata sepakat soal laporan penjualan, GAIKINDO resmi keluarkan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia dari Keanggotaan. Sebelumnya PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia berjanji memberi laporan data penjualan kepada Kementerian Perindustrian.

Karena tak menemukan laporan tersebut di website Kemenperin, pada 15 Februari 2018 lalu GAIKINDO pun mengeluarkan surat pernyataan mengeluarkan pabrikan asal Jerman itu dari keanggotaan GAIKINDO.

Selain itu, sejak Mei 2017 lalu Pabrikan asal Jerman itu tak memberikan update penjualan, yang mengakibatkan GAIKINDO maupun MBDI mendapat teguran dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. "Karena hal ini membuat GAIKINDO atau MBDI mendapat teguran dari Dirjen Pajak," terang Ketua I GAIKINDO Jongkie D Sugiarto.

Baca Juga: Gaikindo Ancam Keluarkan Mercedes-Benz dari Keanggotaan

Djongkie juga menambahkan, MBDI beberapa tahun lalu juga melakukan hal serupa dan mendapat peringatan dari Kementerian Perindustrian. "Namun saat itu patuh tapi untuk kali ini mereka tidak mau menyampaikan data penjualan," terangnya.

Lalu seberapa pentingkah data penjualan untuk GAIKINDO? Menurut Djongkie data penjualan sangat penting dan dibutuhkan oleh banyak pihak, terutama bagi anggota GAIKINDO lain yang bermain di industri otomotif.

"Sifatnya wajib agar semua anggota bisa melihat dan mempergunakan data tersebut untuk keperluan analisa pasar dan sebagainya," terangnya.

Editor : ballian