POPULAR STORIES

Gaikindo Targetkan 1 Juta Unit Penjualan Mobil, Andalkan Pameran GIIAS 2024

Gaikindo Targetkan 1 Juta Unit Penjualan Mobil, Andalkan Pameran GIIAS 2024 Ilustrasi pameran otomotif di Indonesia. (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkapkan penjualan mobil di Indonesia tahun 2024 ditargetkan mencapai angka 1 juta unit.

Menurut Ketua Gaikindo, Yohannes Nangoi mengungkapkan bahwa target penjualan mobil di tahun 2024 masih di angka 1 juta unit.

"Sebenarnya saya ragu setelah memasuki Mei, karena April ada Lebaran dan angkanya belum bagus. Terutama di Februari itu jelek, di Maret ada peningkatan tapi belum mencerminkan apa-apa," jelas Nangoi.

Baca Juga: Wuling Motors Catatkan Penjualan Mobil Listrik Terbanyak di Indonesia

Pameran GIIAS 2024 diharapkan meningkatkan penjualan mobil

Ekspor Mobil Indonesia

Meskipun begitu, Nangoi mengaku masih cukup puas dengan angka ekspor kendaraan Indonesia yang terbilang cukup baik. Padahal di beberapa negara lain juga mengalami tekanan ekonomi.

"Beberapa teman dari Asia Tenggara mengeluh, tapi kita melihat ini sebagai kesempatan untuk bisa tetap tumbuh," ucap Nangoi.

Seperti yang diketahui, Gaikindo mengungkap penjualan kendaraan roda empat tahun 2024 mengalami penurunan sebanyak 22 persen, dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga: BYD Indonesia Janjikan Pengiriman Mobil Listriknya Mulai Juni 2024

Penyebab Turunnya Penjualan Mobil

Penurunan ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti bahan baku yang naik, agenda Pemilu, dan adanya peraturan baru yang ketat mengganggu penjualan.

Untuk meningkatkan penjualan mobil kembali, GIIAS 2024 diharapkan menjadi solusi bangkitnya pertumbuhan industri otomotif di Indonesia pada tahun ini.

Sebagai informasi, GIIAS 2024 merupakan pameran ke-31, dan akan berlangsung pada 18-28 Juli 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City. Diklaim akan menggunakan area lebih luas.