POPULAR STORIES

Galeri All New Toyota Alphard 2023

Galeri All New Toyota Alphard 2023 Galeri All New Toyota Alphard 2023 yang Melantai di GIIAS 2023 (Kipli)

KabarOto.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan All New Alphard di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Tangerang – Banten. MPV Kelas Premium dari Toyota ini menghadirkan fitur-fitur baru yang membuat nyaman penumpangnya.

Alphard anyar menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), target pengurangan noise vibration harsh (NVH) yang diklaim tinggi merupakan kewajiban untuk menjamin kualitas berkendara terbaik di kelasnya.

Aplikasi sokbreker menyesuaikan gaya redam berdasarkan frekuensi getaran yang ditransmisikan dari permukaan jalan, memberikan keuntungan ganda berupa kemampuan manuver dan stabilitas yang lebih baik, serta menyerap getaran kecil yang tidak diinginkan dari permukaan jalan. Atensi pada detail yang kompleks ini sanggup meredam getaran sekitar 30% dibandingkan pendahulunya.

Tantangan aerodinamika ditemui saat ingin mengurangi kebisingan dari permukaan jalan dan gerakan mobil dari terpaan angin mengingat posturnya yang besar dan mengotak khas boxy MPV.

All New Alphard menggunakan ban low noise dan menambah bahan peredam suara di kap mesin untuk mengurangi suara. Toyota juga mengoptimalkan bentuk kap mesin, kaca spion, dan pilar A, serta penambahan sirip di beberapa sudut supaya angin dapat mengalir dengan mulus.

Gerakan naik-turun yang terjadi pada roda depan dan belakang ketika melewati jalan pegunungan, ditekan dengan Body Pitching Control sehingga gerakan mobil lebih tenang dan halus.

Baca Juga: Galeri Toyota GR Corolla Yang Meluncur Di GIIAS 2023

Sementara terpaan angin kencang dari samping mobil (crosswind) yang dapat mendorongnya hingga pindah lajur, diatasi oleh fitur S-VSC (Side-Vehicle Stability Control) dengan mengaplikasikan rem depan-belakang dengan tekanan yang berbeda di sisi yang mendapatkan tekanan dari crosswind.

Dimensi mobil ini juga ikut berubah. Panjangnya mencapai 5.010 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.945 mm, dan wheelbase 3.000 mm. Artinya, All New Alphard lebih panjang 50 mm dan lebih rendah 10 mm dari pendahulunya untuk meningkatkan kestabilan manuver dan kabin yang lebih lega.

Jarak sandaran seluruh baris bangku kini 2.205 mm dari sebelumnya 2.195 mm, sehingga menambah ruang kaki penumpang, jarak sandaran bangku baris ke-1 dan ke-2 mencapai 1.315 mm dari sebelumnya 1.310 mm.

Bangku tengah dapat digeser sejauh 500 mm untuk memberikan kebebasan mengatur posisi duduk penumpang. Celah antara executive power seat kiri dan kanan juga ditingkatkan menjadi 175 mm untuk memudahkan akses ke bangku belakang.

Saat pintu terbuka, sebuah footstep keluar sekitar 220 mm di atas tanah, memberikan pijakan pertama yang lebih rendah dari lantai mobil untuk masuk dan keluar penumpang. Long assist grips dirancang agar mudah dipegang oleh penumpang segala usia, yang juga ditempatkan di pilar C dan di kedua sisi atap untuk memastikan pergerakan penumpang yang mudah.

Penumpang yang duduk di bangku tengah dan belakang All New Alphard menginginkan atmosfer kabin yang teduh dan tenang, bisa menikmati ceiling storage dipasang memanjang di tengah dari bangku baris ke-2 ke belakang, ditambah kehadiran layar Rear Seat Entertainment (RSE) 14 inci untuk masing-masing baris bangku dan lighting system.

Moon roof juga dipasang memanjang ke belakang di sisi kiri-kanan ceiling storage yang memberikan kebebasan kepada masing-masing penumpang untuk menikmati pemandangan langit atau menutupnya supaya dapat beristirahat dengan tenang. Semakin private dan nyaman, power sunshade dipasang di dalam frame kaca samping yang rapi, memungkinkan penumpang untuk mengurangi panas sinar matahari sambil tetap menikmati pemandangan keluar.

Pihaknya juga memasang penyangga cushion frame di alas bangku, Low Repulsion Foam Pad pada sandaran, dan anti-vibration rubber bush supaya getaran dan noise tidak diteruskan ke tubuh penumpang.

All New Alphard yang diluncurkan di GIIAS 2023 memiliki 4 pilihan tipe. Mulai dari basic model 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HV.

Panel instrumen di balik kemudi berukuran 12,3 inch Full TFT dan Head Up Display (HUD) di atasnya, adapun High Grade Audio Monitor 14 inci di tengah dasbor, wireless charger, dan Electrostatic Switch di kemudi ada pada semua tipe.

Fitur kenyamanan lainnya adalah Power Back Door with Voice Command dan Digital Video Recorder sebagai dashboard camera yang dapat terintegrasi dengan smartphone. Tipe 2.5 HV mendapatkan paddle shift, Detachable Smartphone-like Remote Control, natural leather seat, dan seat massage. Sedangkan, tipe 2.5 G dan 2.5 HV disematkan Captain Seat with Large Headrest and Electric Power, jok tipe 2.5 G dibungkus synthetic leather.

Tipe 2.5 X dan 2.5 G dilengkapi mesin bensin berkode 2AR-FE 2.494 cc 4-silinder bertenaga 179 dk pada 6.000 rpm dan torsi 235 Nm pada 4.100 rpm yang juga diteruskan oleh transmisi CVT ke roda depan.

Hanya ada 2 pilihan warna All New Alphard, yakni Platinum White Pearl dan Black. Sedangkan untuk interior, tersedia pilihan warna Black untuk di seluruh tipe.

Baca Juga: Program Dan Promo Toyota Astra Motor Selama GIIAS 2023

Active Safety Package Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 hadir sebagai bentuk perlindungan kepada pengemudi dan membantu mencegah kecelakaan sedini mungkin. Pre Collision System (PCS) mencegah mobil menabrak dari belakang, Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan di jalan tol, Lane Departure Assist (LDA) mencegah mobil secara tidak sengaja meninggalkan lajurnya, Lane Tracing Assist (LTA) membantu mobil supaya tetap berada di tengah lajurnya, Adaptive High Beam (AHB) akan menyalakan lampu jauh (high beam) secara otomatis dan beradaptasi saat ada kendaraan lain di depan di malam hari, dan yang paling baru Driver Monitoring System (DMS) untuk menjaga kewaspadaan pengemudi dari risiko mengantuk saat mengemudi mobil.

All New Alphard didukung oleh fitur advanced berbasis teknologi telematika yang dapat diakses via aplikasi mToyota, yaitu T Intouch. Fitur pada T Intouch menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari, dengan menghubungkan pengguna dengan mobilnya ke seluruh layanan Toyota.

Fitur time fencing juga mendeteksi pergerakan mobil pada periode waktu yang telah diatur oleh pelanggan, dengan memberikan notifikasi terkait potensi penyalahgunaan dan pencurian. Peringatan akan diberikan dalam bentuk notifikasi pada ponsel dan inbox di aplikasi mToyota.

Pelanggan dapat mengatur speed limit kendaraan lewat aplikasi mToyota, untuk selanjutnya mendapatkan notifikasi pada ponsel dan inbox di aplikasi mToyota ketika melewati batas yang ditetapkan. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah pengemudi melewati batas kecepatan di jalan demi keselamatan berkendara.

Fitur idle alert memberitahukan pengguna Ketika mesin idle melebihi durasi yang sudah ditentukan oleh pengguna melalui notifikasi pada ponsel dan inbox di aplikasi mToyota. Alhasil, konsumsi bensin lebih hemat karena tidak terbuang percuma.

Guest Driver Alert efektif Ketika All New Alphard sedang digunakan oleh orang lain, seperti petugas valet parking. Pelanggan dapat mengatur secara mendetail beberapa parameter penting, seperti geofencing atau radius terjauh kendaraan dari pemiliknya, maximum speed untuk menjaganya tidak over speed, dan maximum idle time untuk memastikan mobil tidak disalahgunakan untuk kepentingan lain.

Driving Report erupakan pengembangan dari fitur trip driving update,fitur ini juga menyertakan summary mengenai jarak, durasi waktu, dan kecepatan rata-rata (harian dan bulanan) dari riwayat perjalanan yang telah dilakukan sebelumnya. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengevaluasi penggunaan kendaraannya secara berkala

Safe Driving Reward bagi customer yang mengaktifkan T Intouch dan mempunyai Toyota Insurance Comprehensive (all risk), customer berkesempatan untuk mendapatkan additional benefit (reward), jika berkendara dengan baik dengan meminimalisasi akselerasi secara tiba-tiba, pengereman mendadak & berbelok dengan kecepatan tinggi. Mereka dapat mengevaluasi cara berkendara dengan rutin memeriksa menu driving score pada mToyota.

Simak galerinya di bawah.