Galery Porsche 993 RWB 007

Galery Porsche 993 RWB 007 Porsche 993 RWB 007 (KO/Edo)

KabarOto.com - Pada akhir pekan lalu, para car enthusiast khususnya yang berada di Jakarta, ramai membicarakan kehadiran Akira Nakai. Pria asal Jepang yang merupakan modifikator spesialis Porsche dari Rauh Welt Begriff (RWB).

Sebelumnya, pria berambut gondrong tersebut pernah hadir ke Indonesia, untuk mengerjakan 6 unit Porsche RWB yang semuanya berada di Bandung, Jawa Barat. Kali ini, ia secara khusus datang ke Jakarta untuk menorehkan 'karya seni' pada Porsche 993 lansiran 1995.

Kedatangannya disambut antusias oleh para penggemarnya. Mereka rela untuk meluangkan waktu selama 2 hari, agar dapat melihat langsung tangan terampil Akira saat menggarap bodi Porshe 993 milik Wiliam 'Bakajin'. Ya! Akira memang memerlukan waktu dua hari penuh untuk dapat menyelesaikan RWB 007 tersebut.

Selama dua hari, Akira tampak teliti melakukan pemasangan body kit RWB pada Porsche berkelir biru metalik tersebut. Kabarnya, body kit tersebut telah dipesan sebelum sang pemilik mendapatkan Porsche idamannya.

Akira Nakai saat membuat RWB 007

Untuk dapat memasang body kit tersebut, Nakai-san harus merobek fender asli Porsche. Lalu menempelkan overfender baru yang jauh lebih lebar dibandingkan standarnya.

Pengerjaan memotong-motong ini pun menjadi salah satu 'atraksi' paling menarik setiap kali mendatangkan Akira Nakai ke Indonesia. Meskipun masih menimbulkan kontra, khususnya dari para pecinta Porsche klasik yang sangat menjaga orisinalitas.

Seperti diketahui, desain body kit RWB buatan Akira Nakai terbilang personal. Karena akan berbeda antara body kit satu dengan yang lain. "Kami hanya membuat satu RWB Porsche untuk setiap pelanggan," ujarnya.

Untuk RWB 007 ini, bagian body kit dibuat untuk menyesuaikan kebutuhan Wiliam. Bila dilihat, overfender bagian belakang pun jauh lebih lebar dari Porsche RWB yang sudah ada sebelumnya.

"Tipe ini disebut Heavenly," kata Bakajin. Tak mengherankan, karena overfender bagian belakang pada RWB milik Wiliam ini memiliki ukuran 220 cm, lebih lebar 90 cm dari ukuran standarnya.

Baca Juga: Lihat Nih, Deretan Foto Mobil Keren Di IMX 2018

Jadi jangan kaget, kalau akhirnya pelek Rotiform CVT dengan diameter 18 inci dan lebar 13,5 inci dapat leluasa masuk ke dalam ruang sepatbor RWB 007. Sedangkan di bagian depan, mengunakan pelek tipe yang sama namun dengan lebar 10,5 inci.

Pelek tersebut lantas dibalut ban Pirelli P Zero berukuran 265/35ZR18 di depan, dan ban tipe yang sama dengan ukuran 335/30ZR18 di bagian belakang. Menariknya, ada nuansa Indonesia yang dibawa pada RWB 007 ini.

Baca Juga: Nissan Skyline GTS-T R33 1996 - Transplantasi Total Ke Versi GT-R

Terlihat dari penggunaan aksen batik pada bagian interior terutama door trim, dan yang paling mencolok pada bagian wing spoiler berukuran besar di bagian belakang. "Gue pengin RWB 7 ini ada ciri dan karakter Indonesianya," kata Wiliam a.ka. Bakajin.

Wiliam menyerahkan proses 'pembatikan' wing spoiler miliknya kepada seniman grafis dari Nevertoolavish, yang juga mengerjakan desain jaket denim dengan pola peta Indonesia milik Presiden Jokowi.

Lebih lanjut Wiliam mengatakan bahwa sejak dulu ia telah melihat dan mengagumi sosok RWB, dan selalu berkata pada diri sendiri, "Suatu hari nanti," ujarnya.

Lalu 7 tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 7 Desember 2018. "Di sini saya duduk menatap Nakai-San mengerjakan mobil saya. Terima kasih banyak untuk banyak orang yang membantu saya mewujudkannya," kata Wiliam dalam akun instragram miliknya. Salut!