POPULAR STORIES

Ganasnya Kawasaki Z H2 Diimbangi Pirelli Diablo Rosso III

Ganasnya Kawasaki Z H2 Diimbangi Pirelli Diablo Rosso III Penulis: BagusWS/KC

KabarOto.com - Kawasaki memastikan bahwa Kawasaki Z H2 mendapat ban yang mengimbangi performanya yakni Pirelli Diablo Rosso III.

Pastinya sudah membayangkan, motor ganas tanpa fairing ini memiliki kapasitas mesin 988 cc empat silinder segaris. Menggunakan supercharged menghasilkan tenaga hingga 200 dk pada 11.000 rpm. Hanya ban racikan khusus yang dapat mengimbanginya.

Baca juga: Pirelli Diablo Supercorsa SP Jadi Andalan Rebah Honda CBR1000RR-R Fireblade



Ban depan Z H2 dipasangkan Diablo Rosso III 120/70 ring 17, dan di ban belakang disematkan ukuran 190/55 dengan ring 17.

Bentuk ban didesain Pirelli sedemikian rupa sebagai permintaan dari Kawasaki dengan tujuan memaksimalkan kelincahan Z H2. Sementara ban belakang, desainnya bertujuan mengelola tenaga dan torsi besar akibat muntahan supercharged yang ganas.



Diklaim Diablo Rosso III memastikan motor tesebut tetap stabil saat kecepatan tinggi, baik jalan lurus atau sedang menikung tajam.

Pirelli sejak 2004 sudah menjadi bagian dari kejuaraan dunia FIM Superbike, tidak heran semua proyek Diablo Rosso III adalah hasil dari pengalaman Pirelli mulai dari teknnologi desain, bahan, struktur dan proses pencampuran senyawa yang sama seperti apa yang digunakan di balapan superbike.



Pirelli Diablo Rosso III memiliki beberapa karakteristik teknis, seperti :

1. Ban belakang bikompon dengan persentase silica tinggi, bertujuan meningkatkan cengkeraman ban di aspal di berbagai kondisi dengan manfaat tambahan yang memberikan jarak tempuh lebih;

2. Profil ban Diablo Rosso III berasal dari ban balap superbike;

3. Tapak yang menggunakan pola yang merupakan evolusi dari ban balap Diablo Supercorsa DOT, tetapi memiliki lebih banyak lekukan tapak untuk penanganan kondisi jalan basah yang lebih baik.

Semua hal tersebut sudah tercukupi baik untuk kondisi balap atau pun aspal jalan raya, baik jalan kering maupun jalan basah. Z H2 telah menjelma menjadi senjata baru Kawasaki di sektor motor besar dunia. Apalagi kerja samanya dengan Pirelli Diablo Rosso III ini semakin meyakinkan pasar betapa gaharnya motor ini tetapi tidak melupakan unsur keselamatan pengendaranya.