Gandeng Panasonic Serta Honda PCX Listrik, Kemenperin Pamer Baterai Dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Gandeng Panasonic serta Honda PCX Listrik, Kemenperin Pamer Baterai dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Foto: Kipli

KabarOto.com - Kolaborasi antara Panasonic & Honda yang digaet oleh Kementrian Perindustrian menghasilkan jenis baterai yang telah dipakai demonstrasi pada Honda PCX elektrik di gedung Kemenperin saat jumpa pers (28/8/2019).

Tak hanya itu, Kemenperin sudah menyediakan sebanyak total 40 stasiun pengisian untuk kendaraan elektrik yang tersebar di Bandung (30) dan Bali (10). "Nantinya selain didepan minimarket, kami kerjasama dengan mitra lain untuk penyediaan tempat," ujar Airlangga Hartanto selaku Menteri Perindustrian.

"Mengenai baterai ada masa pemakaian, namun kami berusaha digunakan selama mungkin. 1.000 hingga 1.500 cycle baru kualitasnya menurun sejauh 80% dan seterusnya," imbuhnya.

Saat berita ini diturunkan, pihaknya telah menyediakan sebanyak 900 baterai. Tingkat efisiensi untuk penukaran baterai di stasiun tersebut bisa dibilang hampir mirip dengan ketika kita mengisi kendaraan kita dengan bbm konvensional.

Baca Juga: Kemenperin Luncurkan 40 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

"Kurang lebih hanya 1 menit, karena kita hanya menukar baterai lama kita dengan yang sudah fully charged di stasiun tersebut dan telah siap digunakan," terang Airlangga.

Status baterai sendiri masih impor, Indonesia masih menunggu investor, karena saat ini baru dalam tahap pengembangan di morowali.

"Kami harap bisa dicoba dan dapat beroperasi dengan baik di Indonesia dengan iklim yang tropis dan tingkat kelembaban tinggi," kata Menperin.

"Sistem swapping ketika baterai sudah habis pakai masanya, meringankan beban biaya konsumen karena tak harus membeli yang baru," tutupnya.